Jum’at (29/03). Sebuah kuliah umum dengan tajuk “General Lecturer of Hotel Management Introducing Lynn Hotel by Horison and Ceria Hotel: Beautiful Hotel with Family Concept” diselenggarakan oleh Program Studi Diploma (D3) Bahasa Inggris, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada. Kuliah umum yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa D3 Bahasa Inggris angkatan 2017 ini merupakan bagian dari mata kuliah Manajemen Perhotelan. Pahamnya mahasiswa mengenai budaya pelayanan yang ada di industri perhotelan merupakan tujuan dari kuliah umum yang digelar di Hall Gedung Perpustakaan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. Kegiatan ini dihadiri oleh dua pembicara utama yakni Bapak Firdha Lail Agusta, GM dari Ceria Hotel dan Bapak Bambang Kusno Hadi, GM dari Lynn Hotel by Horison. Tidak hanya itu, Pak Bambang Kusno juga membawa tim dari Lynn Hotel yang terdiri dari Pak Adi, Pak Eka, dan Bu Eva.
Kegiatan diawali pada pukul 13.30 dengan agenda pertama oleh Pak Firdha menceritakan pengalamannya terjun di dunia industri perhotelan. Pak Firdha, alumnus D3 Bahasa Inggris Sekolah Vokasi, menceritakan bagaimana beliau memulai karir sebagai Cleaning Service hingga menjadi seorang GM untuk Ceria Hotel. Dari pengalaman beliau, Pak Firdha menekankan tiga hal yaitu tekad, nekad, dan niat. Setelah itu, Pak Firdha membuka sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh para mahasiswa. Agenda pertama dari kuliah umum berjalan dengan santai dan lancar.
Memasuki agenda yang kedua, Ibu Yohana Ika Harnita Sari, S.Pd., M.Hum. selaku dosen pengampu mata kuliah manajemen perhotelan dan penanggung jawab jalannya kegiatan memberikan sambutan singkat. Kemudian acara selanjutnya adalah pemaparan materi oleh Bapak Bambang Kusno Hadi beserta timnya yang dibagi menjadi tiga sesi. Tiga sesi tersebut adalah pemaparan company profile oleh Bapak Eka Subandriya, pemaparan Budaya Pelayanan Horison oleh Bapak Adi Indra Saputra, dan pemaparan tentang fasilitas Lynn Hotel oleh Ibu Eva Tiantari. Budaya Pelayanan Horison adalah budaya pelayanan dalam industri perhotelan yang diterapkan di Lynn Hotel yang disebut dengan 6K; yaitu Keramahan, Kesungguhan, Kehangatan, Kepedulian, Kecepatan, dan Ketulusan. Pada sesi ini, Bapak Bambang Kusno Hadi mengajak para mahasiswa untuk menghafal Budaya Pelayanan tersebut dan memberikan hadiah kepada mahasiswa yang dapat menyebutkannya dengan benar. Fauziah Arsyifah merupakan salah satu dari tiga mahasiswa yang berhasil menjawab dengan benar sehingga dia memenangkan hadiah utama yakni menginap gratis selama satu malam di Lynn Hotel.
Bapak Bambang Kusno Hadi menyampaikan sebuah pada pesan sebelum acara selesai. Pesan tersebut adalah budaya pelayanan atau disebut juga service culture, merupakan salah satu pondasi dasar dalam industri perhotelan. Ada tiga hal yang harus dimiliki oleh seorang pekerja di industri perhotelan yaitu attitude (sikap), skill (kemampuan), dan knowledge (pengetahuan). Acara berakhir pada pukul 15.30 dengan agenda terakhir yakni penyerahan sertifikat dan cinderamata untuk para pembicara dan foto bersama.
Justicia Estetika / Yohana Ika Harnita Sari