• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Email UGM
  • Languages
Universitas Gadjah Mada DEPARTEMEN BAHASA, SENI, DAN MANAJEMEN BUDAYA
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sambutan Ketua Departemen
    • Visi dan Misi
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Pengelola
    • Tenaga Pendidik
    • Tenaga Kependidikan
  • Pendidikan
    • Kalender Akademik TA 2024/2025
    • Program Sarjana Terapan
      • Program Studi Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi
      • Program Studi Bisnis Perjalanan Wisata
      • Program Studi Bahasa Inggris
      • Program Studi Bahasa Jepang
  • Kemahasiswaan
    • Pengumuman
    • Pelayanan Mahasiswa
      • Permintaan Surat Akademik
      • Surat Aktif Kuliah
      • Surat Bebas Perpustakaan
      • Prosedur Pendaftaran Yudisium
      • Alur Pendaftaran Wisuda
      • Ketentuan Foto Wisuda
    • Kegiatan Mahasiswa
  • Alumni
    • Sertifikat Akreditasi
    • Tracer Study For User
      • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
      • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
  • Penelitian & Pengabdian
    • Informasi Penelitian
      • Pengumuman Hibah Penelitian Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Penelitian Damas 2022
    • Informasi Pengabdian pada Masyarakat
      • Pengumuman Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
    • Karya Penelitian Dosen
    • Jurnal DBSMB
  • Pendaftaran MaBa
  • Survei Layanan
    • Kuesioner Kepuasan Pemangku Kepentingan
    • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Kerja Sama
    • Kuesioner Kepuasan Kegiatan Pengabdian DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Pengabdian DBSMB
    • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
    • Hasil Analisis Kepuasan Pemangku Kepentingan
  • Beranda
  • Berita Utama
  • Workshop Public Relations Digital Prodi Diploma Bahasa Inggris DBSMB

Workshop Public Relations Digital Prodi Diploma Bahasa Inggris DBSMB

  • Berita Utama, Rilis Berita
  • 13 March 2018, 11.27
  • Oleh:
  • 0

100 mahasiswa Prodi Bahasa Inggris DBSMB dari angkatan 2016 pada Sabtu (10/3) berkumpul di Hall GP Sekolah Vokasi untuk menghadiri Workshop Digital Public Relations yang bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang tren public relation hari ini. Daru Wibowo, Ketua Perhumas Jogja, mengawali workshop ini dengan memaparkan data terkait potret media digital sejak 2015 hingga 2017, disusul dengan penjelasan mendetail terkait fungsi digital di dunia Public Relations.

“Seorang PR (Public relation–red) tidak boleh hanya menunggu di balik meja, ia harus gerilya, sebelum masalah muncul,” ujar Daru Wibowo dalam presentasinya. Daru menjelaskan bahwa PR memiliki 5 tugas, yang pertama yakni memenuhi Corp Objectives. Maksudnya, seorang PR dalam lembaga memiliki fungsi memenuhi tujuan dari lembaga tersebut dengan merumuskan rencana dan kampanye PR yang strategis.

Daru melanjutkan, PR memiliki tugas mencapai Sustainability, yaitu memastikan lembaga tersebut berkelanjutan dan tidak mandeg di tengah jalan. Berikutnya, PR harus mampu mengatasi Crisis & Issue, bahkan sebelum krisis dan isu tersebut benar-benar terjadi. Selanjutnya, PR harus mampu menjaga hubungan baik dengan para Stakeholders, yaitu orang-orang atau lembaga lain yang bersinggungan dengan lembaga di tempat ia berada. Yang terakhir yakni Welfare, di mana PR harus menjaga ‘keselamatan’ lembaganya.

Daru menjelaskan, penggunaan media digital dalam dunia PR dibutuhkan karena adanya perubahan lifestyle dari media tradisional ke konvensional, kemudian dari konvensional ke digital. Hal ini membuat ‘digital’ menjadi concern di dunia kita saat ini. Contohnya, untuk mencari tahu produk tertentu, kebanyakan orang akan mencari tahu lewat internet. Sebagai konsekuensinya, PR harus aware terhadap isu-isu yang mungkin akan menjelekkan nama lembaganya.

Dalam penjelasan lebih lanjut, Daru menjelaskan proses kerja PR yang dimulai dengan memunculkan opini, agar muncul persepsi di mata masyarakat (audiens). Apabila persepsi yang muncul sesuai dengan yang direncanakan oleh PR, maka, dapat dikatakan fungsi PR berhasil.

Kegiatan workshop ini dilakukan untuk menambah wawasan mahasiswa. Dengan menghadirkan praktisi sebagai pembicara, para mahasiswa dapat mengajukan pertanyaan yang terjadi di lapangan sehingga ilmu pengetahuan mereka tidak terbatas pada pengetahuan di dalam kelas saja. Adapun tema tentang PR dipilih oleh Prodi Bahasa Inggris SV UGM dengan mempertimbangkan kurikulum terbarunya yang mengarah pada kehumasan. Selain itu, banyak lulusan dari Prodi Bahasa Inggris SV UGM yang bekerja di dunia public relations.

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Berita Terakhir

  • Perkuat pemahaman budaya kerja, Prodi Bahasa Jepang Kombispro kembali gelar Japanese for Business Communication Series #3
  • Kuliah Umum sebagai Upaya Pengenalan Kultur Komunikasi Lisan di Perusahaan
  • Digitalization and its Impact Toward Business
  • BEASISWA PERTUKARAN MAHASISWA KE SUNCHON NATIONAL UNIVERSITY (SCNU) KOREA SELATAN 2025
  • Wisuda Program Sarjana dan Sarjana Terapan Periode III 2025
Universitas Gadjah Mada

Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya
Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
Sekip Unit 1 Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta, Indonesia. 55281
dbsmb.sv@ugm.ac.id
+62 (0274) 589750
+62 (0274) 589750

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY