Yogyakarta, 13 Maret 2019. Program Studi Bahasa Inggris Sekolah Vokasi UGM menggelar kuliah umum manajemen perhotelan bagi mahasiswa semester empat dengan mengundang HR Manager Hotel Grand Keisha Yogyakarta, Bapak Lintang Nugroho, sebagai dosen tamu. Acara tersebut digelar di Gedung perpustakaan Sekolah Vokasi UGM mulai pukul 11.00 WIB hingga 13.00 WIB. Kuliah umum tersebut mengangkat dua tema yaitu “Human Resource Department” dan “Becoming Excellent Hoteliers in Hospitality Industry”.
Agenda pertama dibuka dengan sambutan oleh Ibu Yohana Ika Harnita Sari, S.Pd., M.Hum. selaku perwakilan dosen dan dilanjutkan dengan perkenalan oleh Bapak Lintang Nugroho. Beliau berbagi cerita mengenai pengalaman bekerja yang ia miliki. Beliau memulai karirnya sebagai Legal and General Affair Manager Karitas Indonesia pada tahun 2007. Kemudian, beliau melanjutkan karirnya sebagai Guru Bahasa Inggris di Elti Purwokerto (2009), Koordinator Cabang Elti Purwokerto (2010), Training Manager di Sheraton Mustika Yogyakarta (2012), Area Sales Manager Oriflame Indonesia (2013), Training Manager di Pullman Bali Legian Nirwana (2014), Talent Development and Culture Manager di Sheraton Bandung Hotel and Towers (2015), dan Human Resource Manager Hotel Grand Keisha Yogyakarta by Horison (2017 sampai saat ini).
Agenda kedua adalah penjelasan tema pertama tentang apa itu Human Resource Department. Bapak Lintang Nugroho memaparkan bahwa Human Resource Department adalah pusat dari sebuah organisasi atau perusahaan. Departemen ini bertanggung jawab atas 11 aspek dalam perusahaan. Aspek tersebut adalah recruitment, compensation and benefit, reward and punishment, industrial relation, employee relation, learning and development, talent management, performance review, corporate social responsibility, legal aspect, and safety and security. HRD juga bertanggung jawab atas prinsip-prinsip fundamental suatu perusahaan seperti selecting the right person for the right job, initiating and maintaining team spirit, and contributing to national prosperity.
Agenda terakhir adalah penjelasan tema kedua tentang bagaimana menjadi pribadi yang hospitable. Bapak Lintang Nugroho mengatakan bahwa pada dasarnya hospitality bukanlah suatu strategi industri melainkan startegi bisnis yang bertujuan untuk membuat para customer mengingat pengalaman yang kita berikan selama pelayanan. Mahasiswa diharapkan dapat menjadi pribadi yang hospitable guna mendukung karir mereka di hospitality industry. Mereka harus memiliki technical skills dan emotional skills. Di samping memfokuskan diri pada technical skills, mahasiswa sangat memerlukan emotional skills yang dapat membawa mereka pada pengalaman-pengalaman yang menjanjikan. Bapak Lintang juga mengutip pernyataan Danny Meyer, seorang CEO Union Square Hospitality Group, bahwa mahasiswa dapat mempelajari; integritas, etika bekerja, kebaikan dan optimisme, kecerdasan, empati, dan kesadaran diri.
Sepanjang acara, banyak mahasiswa yang mengajukan pertanyaan, diantaranya adalah Abdullah Azam dan Fauziah Arsyifah. Abdullah Azam bertanya tentang bagaimana cara menghindari persepsi buruk tentang Human Resource Departement yang mana kebanyakan karyawan menganggap bahwa departemen tersebut merupakan departemen yang menakutkan. Sementara Fauziah Arsyifah bertanya tentang jenis-jenis penghargaan dan hukuman yang diberikan kepada para karyawan. Secara keseluruhan, acara tersebut berjalan dengan baik dan diakhiri dengan berfoto bersama.