• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Email UGM
  • Languages
Universitas Gadjah Mada DEPARTEMEN BAHASA, SENI, DAN MANAJEMEN BUDAYA
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sambutan Ketua Departemen
    • Visi dan Misi
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Pengelola
    • Tenaga Pendidik
    • Tenaga Kependidikan
  • Pendidikan
    • Kalender Akademik TA 2024/2025
    • Program Sarjana Terapan
      • Program Studi Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi
      • Program Studi Bisnis Perjalanan Wisata
      • Program Studi Bahasa Inggris
      • Program Studi Bahasa Jepang
  • Kemahasiswaan
    • Pengumuman
    • Pelayanan Mahasiswa
      • Permintaan Surat Akademik
      • Surat Aktif Kuliah
      • Surat Bebas Perpustakaan
      • Prosedur Pendaftaran Yudisium
      • Alur Pendaftaran Wisuda
      • Ketentuan Foto Wisuda
    • Kegiatan Mahasiswa
  • Alumni
    • Sertifikat Akreditasi
    • Tracer Study For User
      • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
      • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
  • Penelitian & Pengabdian
    • Informasi Penelitian
      • Pengumuman Hibah Penelitian Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Penelitian Damas 2022
    • Informasi Pengabdian pada Masyarakat
      • Pengumuman Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
    • Karya Penelitian Dosen
    • Jurnal DBSMB
  • Pendaftaran MaBa
  • Survei Layanan
    • Kuesioner Kepuasan Pemangku Kepentingan
    • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Kerja Sama
    • Kuesioner Kepuasan Kegiatan Pengabdian DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Pengabdian DBSMB
    • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
    • Hasil Analisis Kepuasan Pemangku Kepentingan
  • Beranda
  • Berita Utama
  • Webinar Prodi BPW: Pentingnya Adaptasi Ketrampilan dan Bersiap Menuju New Normal Tourism

Webinar Prodi BPW: Pentingnya Adaptasi Ketrampilan dan Bersiap Menuju New Normal Tourism

  • Berita Utama, Rilis Berita, Uncategorized
  • 28 April 2020, 13.58
  • Oleh: Admin DBSMB
  • 0
Sabtu sore (25/4) kemarin, Program Studi Sarjana Terapan Bisnis Perjalanan Wisata, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan webinar dengan mengangkat Kiat Strategi Adaptasi Bisnis Perjalanan Wisata Pasca-Pandemi Covid-19. Bertindak sebagai pemantik diskusi adalah Tazbir Abdullah, Andi Muhammad Mudhiuddin, dan Nuryuda Irdana. Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Ghifari Yuristiadhi.Dalam sambutan sekaligus paparannya, Nuryuda Irdana selaku Ketua Program Studi Sarjana Terapan Bisnis Perjalanan Wisata, Sekolah Vokasi UGM menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 ini sangat memukul industri pariwisata dan sangat dibutuhkan strategi praktis segera untuk biro perjalanan wisata. “Program studi kami bersama konsorsium program studi sejenis se-Indonesia sebagao representasi akademisi mencoba memaksimalkan program penelitian dan pengabdian masyarakat untuk memberikan solusi,” tambahnya.

Andi Muhammad Mudhiuddin selaku Ketua Komisi Etik DPP Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) menyampaikan bahwa Situasi yang terjadi pada rekan-rekan pemandu wisata hari ini bahwa semua pemandu tidak mendapatkan wisatawan sejak Februari. Maka, dibutuhkan kreativitas seorang pemandu untuk mengembangkan usaha lain selain kepemanduan, misalnya retail atau kuliner yang bisa dikembangkan dengan bisnis daring sebagai solusi jangka pendek. Ketua DPD HPI DIY (2009-2013) ini menambahkan, “Di masa pemulihan mendatang, target wisatawan yang harus difokuskan adalah wisatawan domestik.”

Tazbir Abdullah yang pernah menjabat Asisten Deputi Bisnis Kementrian Pariwisata (2017-2018) dan Kepala Dinas Pariwisata DIY (2007-2013) menyampakan bahwa bisnis perjalanan wisata harus bersiap menyambut era baru pariwisata yang disebut “new normal tourism”. Era normal baru dalam pariwisata ini akan sangat memperhatikan higinitas. Penasehat DPP ASITA ini juga menambahkan, “Sangat dibutuhkan integrasi seluruh stakeholder untuk mewujudkan ini.”

Dalam sesi tanya jawab, Endang Komesty Sinaga selaku Ketua Program Studi D4 Bisnis Perjalanan Wisata, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung menyampaikan bahwa kalangan perguruan tinggi juga dipusingkan dengan rencana program praktik kerja lapangan yang membutuhkan industri bisnis perjalanan wisata sebagai mitra, sedangkan situasi masih dalam suasana pandemi seperti ini. Hal lain yang diperlukan untuk diketahui segera, tambahnya, adalah perilaku wisatawan pasca-pandemi ini.

Penanggap lain, Kornelus dari DPC HPI Kalimantan Utara menyampaikan bahwa virtual tourism dan guide bisa menjadi salah satu alternatif. Merespon hal tersebut, Andi Muhammad Mudhiuddin menyampaikan bahwa teknologi menjadi hal yang tidak bisa dibendung, namun marwah pemandu wisata jangan sampai hilang karena tergeser dengan teknologi. Tazbir juga menanggapi bahwa esensi pariwisata adalah interaksi dengan manusia. Ia meyakini teknologi tidak bisa sepenuhnya menggantikan peran manusia.

Panca Sarungu dari BLK Serang mencoba mempertajam diskusi dengan menanyakan skill baru apa yang harus dikuasai pemandu dan produk wisata semacam apa yang bisa dibuat pasca-pandemi ini, apakah model pariwisata berkelompok masih dominan. Andi Muhammad Mudhiuddin menjawab bahwa ketrampilan kepemanduan dan produk wisata yang menerapkan konsep menjaga jarak akan menjadi dominan ke depan. Hal senada diungkapkan oleh Tazbir bahwa produk-produk yang menerapkan protokol kesehatan akan dijadikan prinsip. Ia menambahkan, Covid ini akan menghadirkan kreativitas pelaku wisata untuk tidak melakukan business as usual saja yang membutuhkan integrasi semua sektor untuk meningkatkan kompetensi dan standardisasi agar Indonesia bisa bersaing dengan negara lain. Karena, situasi Covid ini dirasakan yang sama oleh semua negara di dunia.

Dirilis oleh Ghifari Yuristiadhi

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Berita Terakhir

  • Informasi Pelaksanaan Wisuda Program Sarjana dan Sarjana Terapan Periode Mei 2025
  • Perkuat pemahaman budaya kerja, Prodi Bahasa Jepang Kombispro kembali gelar Japanese for Business Communication Series #3
  • Kuliah Umum sebagai Upaya Pengenalan Kultur Komunikasi Lisan di Perusahaan
  • Digitalization and its Impact Toward Business
  • BEASISWA PERTUKARAN MAHASISWA KE SUNCHON NATIONAL UNIVERSITY (SCNU) KOREA SELATAN 2025
Universitas Gadjah Mada

Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya
Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
Sekip Unit 1 Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta, Indonesia. 55281
dbsmb.sv@ugm.ac.id
+62 (0274) 589750
+62 (0274) 589750

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY