• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Email UGM
  • Languages
Universitas Gadjah Mada DEPARTEMEN BAHASA, SENI, DAN MANAJEMEN BUDAYA
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sambutan Ketua Departemen
    • Visi dan Misi
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Pengelola
    • Tenaga Pendidik
    • Tenaga Kependidikan
  • Pendidikan
    • Kalender Akademik TA 2024/2025
    • Program Sarjana Terapan
      • Program Studi Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi
      • Program Studi Bisnis Perjalanan Wisata
      • Program Studi Bahasa Inggris
      • Program Studi Bahasa Jepang
  • Kemahasiswaan
    • Pengumuman
    • Pelayanan Mahasiswa
      • Permintaan Surat Akademik
      • Surat Aktif Kuliah
      • Surat Bebas Perpustakaan
      • Prosedur Pendaftaran Yudisium
      • Alur Pendaftaran Wisuda
      • Ketentuan Foto Wisuda
    • Kegiatan Mahasiswa
  • Alumni
    • Sertifikat Akreditasi
    • Tracer Study For User
      • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
      • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
  • Penelitian & Pengabdian
    • Informasi Penelitian
      • Pengumuman Hibah Penelitian Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Penelitian Damas 2022
    • Informasi Pengabdian pada Masyarakat
      • Pengumuman Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
    • Karya Penelitian Dosen
    • Jurnal DBSMB
  • Pendaftaran MaBa
  • Survei Layanan
    • Kuesioner Kepuasan Pemangku Kepentingan
    • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Kerja Sama
    • Kuesioner Kepuasan Kegiatan Pengabdian DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Pengabdian DBSMB
    • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
    • Hasil Analisis Kepuasan Pemangku Kepentingan
  • Beranda
  • Berita Utama
  • Prodi S.Tr. Bahasa Inggris Sekolah Vokasi Menyelenggarakan Virtual Event

Prodi S.Tr. Bahasa Inggris Sekolah Vokasi Menyelenggarakan Virtual Event

  • Berita Utama, Rilis Berita
  • 29 March 2022, 15.28
  • Oleh: Admin DBSMB
  • 0
Timothy P. O`brien, seorang penulis Amerika dalam karyanya yang berjudul The Personal Branding menjelaskan bahwa personal branding merupakan identitas diri yang mampu menimbulkan respon emosional orang lain terhadap kualitas dan nilai yang dimilikinya. Personal branding merupakan salah satu hal yang penting dimiliki oleh setiap orang, terlebih generasi muda yang kini bergelut di tengah bergelut menata masa depan.

Selaras dengan perlunya pengembangan personal branding ini, Program Studi Sarjana Terapan Bahasa Inggris Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (SV UGM) menghelat kegiatan Social Media Optimization for Personal Branding pada Sabtu, 26 Maret 2022 secara virtual. Selain berlangsung melalui ruang temu Zoom, kegiatan ini juga ditayangkan melalui siaran live streaming pada kanal YouTube DBSMB. Acara yang menyasar pelajar sekolah menengah ini menghadirkan dua narasumber yaitu Alfelia Nugky Permatasari, S.S., M.A. dari Universitas Gadjah Mada serta Jason Canniff dari University of Maine dengan moderator Nadiva Rizkita Agustina.

Ahmad Muam, S.S., M.Sc., selaku Kaprodi Bahasa Inggris SV UGM mengawali acara dengan sambutannya. Ia menyampaikan bahwa hidup di era digital memberikan kesempatan dan tantangan tersendiri. Dalam bidang karir, kini banyak perusahaan yang melihat latar belakang digital calon karyawan ketika akan melakukan perekrutan. Karenanya, penting untuk dapat memanfaatkan media digital untuk mendukung peluang karir di masa depan. Menurutnya, D4 Bahasa Inggris membantu menyiapkan karir peserta didik dalam strategi membangun image melalui keterampilan copywriting, public relations, komunikasi media digital, serta beragam keterampilan lain yang akan semakin dibutuhkan ke depan.

Berlanjut ke sesi pemaparan materi dari narasumber, Alfelia Nugky Permatasari, S.S., M.A. mempresentasikan mengenai Digital Preparation. Mengawali penjelasannya dengan melakukan survei sederhana kepada para peserta, Alfelia mengupas terkait pemahaman social media, digital footprint, serta pertimbangan what to post di media sosial. Dirinya memberikan gambaran terkait data jumlah penduduk dunia yang saling terhubung melalui internet dan media sosial. Meski banyak memberikan keuntungan positif, media sosial juga bisa memberikan dampak kontraproduktif bagi penggunanya. Mengenai digital footprint, dirinya menekankan pentingnya bertindak hati-hati, mengingat rekam jejak digital kita terekam tanpa bisa dihapus. Selain itu, penting juga untuk memilih bentuk konten yang baik di media sosial.

Sementara itu, Jason Canniff lebih banyak berbagi pengalamannya dalam memaksimalkan media sosial untuk mengelola pekerjaannya. Ia yang juga berprofesi sebagai entrepreneur dengan beberapa perusahaan lintas negara memaparkan langkah-langkah dalam membangun personal branding. Ia merangkumnya dalam istilah perfect performance process. Pada penjelasannya, proses tersebut terdiri dari beberapa langkah, yaitu penentuan tujuan (purpose), memahami sasaran (audience), penggunaan bahasa (language), penyusunan perpaduan (composition), serta penggladian (rehearsal).

Seusai presentasi dari kedua narasumber, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab (Q&A). Para peserta cukup antusias dalam menggali informasi dari para narasumber. Dari beberapa pertanyaan yang datang, semua dijawab oleh masing-masing narasumber secara bergantian. Kemudian, setelah berlangsung selama lebih kurang tiga jam, kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama.

Teks: M. Khoirul Imamil M

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Berita Terakhir

  • Informasi Pelaksanaan Wisuda Program Sarjana dan Sarjana Terapan Periode Mei 2025
  • Perkuat pemahaman budaya kerja, Prodi Bahasa Jepang Kombispro kembali gelar Japanese for Business Communication Series #3
  • Kuliah Umum sebagai Upaya Pengenalan Kultur Komunikasi Lisan di Perusahaan
  • Digitalization and its Impact Toward Business
  • BEASISWA PERTUKARAN MAHASISWA KE SUNCHON NATIONAL UNIVERSITY (SCNU) KOREA SELATAN 2025
Universitas Gadjah Mada

Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya
Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
Sekip Unit 1 Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta, Indonesia. 55281
dbsmb.sv@ugm.ac.id
+62 (0274) 589750
+62 (0274) 589750

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY