• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Email UGM
  • Languages
Universitas Gadjah Mada DEPARTEMEN BAHASA, SENI, DAN MANAJEMEN BUDAYA
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sambutan Ketua Departemen
    • Visi dan Misi
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Pengelola
    • Tenaga Pendidik
    • Tenaga Kependidikan
  • Pendidikan
    • Kalender Akademik TA 2024/2025
    • Program Sarjana Terapan
      • Program Studi Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi
      • Program Studi Bisnis Perjalanan Wisata
      • Program Studi Bahasa Inggris
      • Program Studi Bahasa Jepang
    • Program Magister Terapan
      • Pengembangan Atraksi Wisata
  • Kemahasiswaan
    • Pengumuman
    • Pelayanan Mahasiswa
      • Permintaan Surat Akademik
      • Surat Aktif Kuliah
      • Surat Bebas Perpustakaan
      • Prosedur Pendaftaran Yudisium
      • Alur Pendaftaran Wisuda
      • Ketentuan Foto Wisuda
    • Kegiatan Mahasiswa
  • Alumni
    • Sertifikat Akreditasi
    • Tracer Study For User
      • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
      • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
  • Penelitian & Pengabdian
    • Informasi Penelitian
      • Pengumuman Hibah Penelitian Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Penelitian Damas 2022
    • Informasi Pengabdian pada Masyarakat
      • Pengumuman Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
    • Karya Penelitian Dosen
    • Jurnal DBSMB
  • Pendaftaran MaBa
  • Survei Layanan
    • Kuesioner Kepuasan Pemangku Kepentingan
    • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Kerja Sama
    • Kuesioner Kepuasan Kegiatan Pengabdian DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Pengabdian DBSMB
    • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
    • Hasil Analisis Kepuasan Pemangku Kepentingan
  • Beranda
  • Berita Utama
  • Analisis Genre sebagai Strategi Meningkatkan Skor Tes Pemahaman Bacaan pada Ujian Japanese Language Proficiency Test (JLPT) Level N3

Analisis Genre sebagai Strategi Meningkatkan Skor Tes Pemahaman Bacaan pada Ujian Japanese Language Proficiency Test (JLPT) Level N3

  • Berita Utama, Rilis Berita, SDGs, Uncategorized
  • 10 October 2025, 11.02
  • Oleh: Admin DBSMB
  • 0

 

Sertifikat kelulusan ujian kemampuan bahasa Jepang, yaitu Japanese Language Proficiency Test (JLPT) masih menjadi parameter kemampuan bahasa Jepang bagi pemelajar maupun penutur asing. Oleh karena itu, semua calon peserta yang berniat studi maupun berkarir di dunia bisnis Jepang berlomba-lomba untuk lulus tes tersebut, khususnya di level N3-N1. Namun demikian, kesulitan dalam menjawab soal pemahaman bacaan menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan rendahnya tingkat kelulusan JLPT, termasuk di level N3. Temuan ini diungkap dari sejumlah penelitian pendahuluan yang dilakukan terhadap peserta tes, yang mayoritas mengidentifikasi bagian “Membaca” sebagai bagian tersulit. Hal ini mengindikasikan rendahnya kemampuan pemahaman wacana (discourse comprehension) para peserta.

Rendahnya pemahaman bacaan ini diasumsikan karena peserta tes tidak dibekali dengan pengetahuan yang memadai tentang pemahaman wacana. Selama ini, pembelajaran lebih berfokus pada penguasaan kosakata dan tata bahasa, tanpa memperhatikan aspek yang lebih luas, yaitu wacana, seperti genre teks, tujuan teks, dan cara penulis menyusun sebuah teks untuk mencapai tujuannya. Tanpa pemahaman ini, peserta kesulitan menavigasi teks yang kompleks dan menangkap makna secara utuh.

Merespons tantangan tersebut, tim peneliti dari Program Studi Bahasa Jepang untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional melakukan riset untuk memetakan jenis teks, struktur, dan pola kebahasaan yang muncul dalam soal-soal bacaan JLPT N3. “Penelitian ini tidak hanya sekadar mengkategorikan jenis teks, yang muncul pada tes JLPT, tetapi juga membedah bagaimana teks-teks tersebut disusun secara bertahap (staging) dan bentuk-bentuk tata bahasa seperti apa yang dominan digunakan dalam setiap jenisnya,” jelas Sa’idatun Nishfullali, ketua tim penelitian. Dengan menganalisis soal-soal teks bacaan pada JLPT di rentang tahun 2019-2024, peneliti berharap dapat mengidentifikasi struktur dan pola kebahasaan di setiap jenis teks.

Diharapkan, hasil penelitian ini tidak hanya bermanfaat bagi para calon peserta tes. Dengan melakukan pendekatan genre untuk memahami teks, para calon peserta tes diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan mereka secara signifikan, yang pada akhirnya akan memperbesar peluang kelulusan dalam JLPT N3. Selain itu, hasil penelitian juga diharapkan dapat memberikan kontribusi teoretis di bidang linguistik terapan dan pengajaran bahasa Jepang, yakni untuk menyusun strategi pembelajaran dan materi persiapan JLPT yang lebih efektif.

 

Penulis: Sa’idatun Nishfullayli

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Berita Terakhir

  • Analisis Genre sebagai Strategi Meningkatkan Skor Tes Pemahaman Bacaan pada Ujian Japanese Language Proficiency Test (JLPT) Level N3
  • Menggugat Stigma: Riset UGM Ungkap Wibu Tak Sekadar Eskapis
  • Riset “Wibu Sekolah Vokasi UGM”: Eskapisme dan Kesadaran Kritis
  • Menyiapkan Karier di Era Digital: Peran Media Sosial bagi Mahasiswa
  • Menelusuri Peran Media Sosial dalam Aspirasi Karier Mahasiswa Bahasa Jepang
Universitas Gadjah Mada

Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya
Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
Sekip Unit 1 Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta, Indonesia. 55281
dbsmb.sv@ugm.ac.id
+62 (0274) 589750

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY