
Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya (DBSMB) Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada pada hari Kamis, 17 Desember 2020 lalu mengadakan sebuah acara bedah buku. Buku yang dibedah pada acara ini adalah sebuah buku karya Drs. Muslikh Madiyat, M.Hum. yang berjudul “Copywriting”. Drs. Muslikh sendiri merupakan dosen Program Studi Kearsipan. Acara ini berlangsung dari pukul 08.00-11.30 WIB dengan dipandu oleh Ghifari Yuristiadhi Masyhari Makhasi, M.A. sebagai moderator.
Dalam sesi bedah buku tersebut, Drs. Muslikh menjelaskan mengenai isi buku yang ditulisnya. Dari buku tersebut, terdapat beberapa hal yang dipaparkan oleh Drs. Muslikh diantaranya retorika iklan, storytelling, serta teori dan teknik dalam menulis iklan. Drs. Muslikh juga menggarisbawahi topik utama setiap bab. Misalnya, pada bab 1, topik utamanya adalah bagaimana copywriting memberikan kebebasan penuh, dan mengapa copywriting esensial untuk sukses di dunia internet pada bab 2. Selanjutnya, bab 3 dengan topik majas dalam periklanan, bab 4 dengan analisis iklan dan warna (retorika gambar), serta storytelling pada bab 5.
Di sesi acara ini juga Peserta sangat terlihat antusias memberikan pertanyaan kepada pembicara, seperti Nur Endah Nugraheni “dalam copywriting yang utama adalah kemampuan menulis, retorika & storytelling untuk teksnya, bagaimana dengan kemampuan desain grafis dan visual supaya “Iklan” atau pesan lebih menarik dan kena ke audience, Pak?” tanyanya. Selain itu peserta juga akan diberikan hadiah pemenang kuis, dan 10 buku yang akan dibagikan sebagai doorprize untuk mengapresiasi para peserta yang hadir.
Teks dan foto: Humas DBSMB