• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Email UGM
  • Languages
Universitas Gadjah Mada DEPARTEMEN BAHASA, SENI, DAN MANAJEMEN BUDAYA
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sambutan Ketua Departemen
    • Visi dan Misi
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Pengelola
    • Tenaga Pendidik
    • Tenaga Kependidikan
  • Pendidikan
    • Kalender Akademik TA 2024/2025
    • Program Sarjana Terapan
      • Program Studi Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi
      • Program Studi Bisnis Perjalanan Wisata
      • Program Studi Bahasa Inggris
      • Program Studi Bahasa Jepang
    • Program Magister Terapan
      • Pengembangan Atraksi Wisata
  • Kemahasiswaan
    • Pengumuman
    • Pelayanan Mahasiswa
      • Permintaan Surat Akademik
      • Surat Aktif Kuliah
      • Surat Bebas Perpustakaan
      • Prosedur Pendaftaran Yudisium
      • Alur Pendaftaran Wisuda
      • Ketentuan Foto Wisuda
    • Kegiatan Mahasiswa
  • Alumni
    • Sertifikat Akreditasi
    • Tracer Study For User
      • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
      • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
  • Penelitian & Pengabdian
    • Informasi Penelitian
      • Pengumuman Hibah Penelitian Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Penelitian Damas 2022
    • Informasi Pengabdian pada Masyarakat
      • Pengumuman Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
    • Karya Penelitian Dosen
    • Jurnal DBSMB
  • Pendaftaran MaBa
  • Survei Layanan
    • Kuesioner Kepuasan Pemangku Kepentingan
    • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Kerja Sama
    • Kuesioner Kepuasan Kegiatan Pengabdian DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Pengabdian DBSMB
    • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
    • Hasil Analisis Kepuasan Pemangku Kepentingan
  • Beranda
  • Berita Utama
  • Critical Thinking dan Peningkatan Kompetensi Komunikasi Antarbudaya pada Pembelajar Bahasa Jepang: Analisis Critical Reading

Critical Thinking dan Peningkatan Kompetensi Komunikasi Antarbudaya pada Pembelajar Bahasa Jepang: Analisis Critical Reading

  • Berita Utama, Rilis Berita, Uncategorized
  • 17 July 2025, 15.03
  • Oleh: Admin DBSMB
  • 0

 

 

Pada era globalisasi ini, kemampuan untuk berkomunikasi dengan individu dari latar belakang budaya yang berbeda menjadi salah satu keterampilan utama yang harus dimiliki oleh setiap individu. Salah satu cara untuk mengasah keterampilan tersebut adalah melalui penguasaan bahasa asing, seperti bahasa Jepang. Namun, sekadar menguasai bahasa saja tidak cukup untuk dapat berkomunikasi secara efektif dan memahami konteks budaya yang mendalam. Oleh karena itu, pengembangan critical thinking atau berpikir kritis dalam pembelajaran bahasa asing sangat penting. Artikel ini akan membahas bagaimana penerapan critical reading sebagai upaya meningkatkan kompetensi komunikasi antarbudaya pada pembelajar bahasa Jepang di Program Studi Bahasa Jepang untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional, Sekolah Vokasi UGM.

Critical Thinking dalam Pembelajaran Bahasa Jepang

Critical thinking, atau berpikir kritis, merujuk pada kemampuan untuk mengevaluasi informasi secara objektif, mengidentifikasi asumsi, serta menyusun argumen berdasarkan bukti yang kuat. Dalam konteks pembelajaran bahasa Jepang, berpikir kritis memainkan peran penting, karena tidak hanya membantu pembelajar untuk memahami struktur bahasa dan tata bahasa, tetapi juga untuk menginterpretasikan makna yang lebih dalam dari pesan yang disampaikan dalam bahasa Jepang. Pemahaman ini memungkinkan pembelajar untuk menghindari kesalahan interpretasi yang sering terjadi ketika berkomunikasi dengan penutur asli atau ketika membaca materi yang berkaitan dengan budaya Jepang.

Pentingnya Komunikasi Antarbudaya

Komunikasi antarbudaya mengacu pada kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari latar belakang budaya yang berbeda dengan cara yang sensitif terhadap perbedaan tersebut. Dalam konteks bahasa Jepang, pembelajar tidak hanya perlu memahami bagaimana kata-kata disusun, tetapi juga penting untuk memahami nuansa budaya yang melekat pada setiap ekspresi, bentuk sopan santun, serta cara berbicara yang berbeda tergantung pada situasi dan hubungan antara pembicara. Pengembangan kompetensi komunikasi antarbudaya ini memungkinkan pembelajar bahasa Jepang untuk berinteraksi secara lebih efektif dan menghindari kesalahpahaman yang dapat terjadi akibat perbedaan budaya.

Critical Reading dalam Pembelajaran Bahasa Jepang

Salah satu metode yang efektif untuk mengembangkan critical thinking dan keterampilan komunikasi antarbudaya dalam pembelajaran bahasa Jepang adalah melalui critical reading. Critical reading mengharuskan pembelajar untuk tidak hanya membaca teks secara permukaan, tetapi untuk menganalisis dan menginterpretasikan teks secara lebih mendalam. Ini mencakup penelaahan terhadap pilihan kata, struktur kalimat, serta konteks budaya yang mempengaruhi makna suatu teks. Misalnya, dalam membaca teks-teks dalam artikel yang berkaitan dengan budaya Jepang, pembelajar diajak untuk berpikir tentang bagaimana perspektif budaya Jepang membentuk cara pandang dan cara berkomunikasi masyarakat Jepang.

Manfaat Critical Reading dalam Pembelajaran Bahasa Jepang

  1. Meningkatkan Pemahaman Budaya
    Dengan menerapkancritical reading, pembelajar dapat lebih memahami konteks budaya yang tercermin dalam bahasa Jepang. Ini akan membantu mereka dalam berkomunikasi dengan penutur asli bahasa Jepang karena mereka tidak hanya mengerti kata-kata, tetapi juga makna di balik kata-kata tersebut.
  2. Mengasah Keterampilan Berpikir Kritis
    Proses membaca dengan kritis membantu pembelajar mengembangkan keterampilan berpikir yang lebih mendalam dan analitis. Mereka belajar untuk tidak menerima informasi secara mentah, tetapi untuk mempertanyakan, menganalisis, dan mengevaluasi informasi yang disampaikan. Hal ini akan memperkaya kemampuan mereka dalam berdiskusi dengan orang-orang dari berbagai budaya.
  3. Meminimalisir Kesalahpahaman
    Pembelajar yang memiliki keterampilancritical reading dapat lebih mudah mengenali nuansa dan konteks yang ada dalam komunikasi antarbudaya. Ini akan membantu mereka menghindari kesalahpahaman dalam komunikasi, yang sering terjadi ketika ada perbedaan budaya atau interpretasi yang salah terhadap suatu pesan.
  4. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Lisan dan Tulisan
    Dengan memahami lebih dalam tentang struktur teks dan nuansa budaya melaluicritical reading, pembelajar bahasa Jepang dapat mengasah keterampilan komunikasi lisan dan tulisan mereka. Mereka menjadi lebih peka terhadap cara penyampaian pesan yang tepat dalam berbagai konteks sosial.

Penerapan dalam Pembelajaran

Untuk mengintegrasikan critical reading dalam pembelajaran bahasa Jepang, pengajar dapat menggunakan berbagai jenis materi, seperti artikel berita, teks sastra, serta video atau film yang mengandung nilai-nilai budaya Jepang. Pembelajar dapat diajak untuk tidak hanya memahami arti kata per kata, tetapi juga untuk memeriksa makna yang terkandung dalam konteks sosial dan budaya yang ada. Diskusi kelas yang mendalam mengenai materi bacaan dapat meningkatkan pemahaman dan memperkaya perspektif pembelajar.

Kesimpulan

Critical thinking dan komunikasi antarbudaya adalah dua keterampilan yang sangat penting dalam pembelajaran bahasa Jepang. Melalui penerapan critical reading, pembelajar dapat meningkatkan kedua keterampilan tersebut, yang pada gilirannya akan membantu mereka dalam berkomunikasi secara efektif dengan penutur asli dan memahami konteks budaya yang lebih luas. Oleh karena itu, penting bagi pengajar bahasa Jepang untuk mengintegrasikan metode critical reading dalam kurikulum mereka guna memperkaya pengalaman belajar dan meningkatkan kompetensi komunikatif siswa dalam bahasa Jepang.

Dengan demikian, tidak hanya keterampilan bahasa yang berkembang, tetapi juga kemampuan untuk berpikir kritis dan menghargai perbedaan budaya, yang sangat relevan dalam dunia yang semakin global ini.

Penulis: Fatmawati Djafri

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Berita Terakhir

  • Critical Thinking dan Peningkatan Kompetensi Komunikasi Antarbudaya pada Pembelajar Bahasa Jepang: Analisis Critical Reading
  • MEMAHAMI DESAIN EDUKASI DI MUSEUM DE JAVASCHE BANK SURABAYA
  • GeoFAST 2025 dan Masa Depan Geowisata: Menilik Potensi Geopark Kebumen sebagai Destinasi Minat Khusus
  • Wisuda Program Sarjana dan Sarjana Terapan Periode IV 2025
  • Periode Pengisian Pra KRS Gasal TA 2025/2026
Universitas Gadjah Mada

Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya
Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
Sekip Unit 1 Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta, Indonesia. 55281
dbsmb.sv@ugm.ac.id
+62 (0274) 589750
+62 (0274) 589750

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY