Pada Kamis, 13 Oktober 2022, dua mahasiswa program studi Sarjana Terapan Bahasa Inggris Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada, Natasya Samuela Serefina dan Vinsen Kevin Mingking, masing-masing berhasil meraih peringkat 1 dan 3 pada The 3rd Southeast Asian Sales Competition (SEASAC) 2022. Selain memperoleh peringkat 1, Natasya, atau yang lebih akrab dipanggil Nanas, juga memenangkan The Best Sales Pitch dan The Favorite Competitors oleh PT Propan Raya, sponsor utama the 3rd SEASAC 2022 yang sekaligus menjadi perusahaan pada studi kasus dalam kompetisi.
Nanas dan Kevin berhasil menempati posisi tiga besar setelah berkompetisi bersama 105 peserta dari 36 universitas dari 8 negara se-Asia Tenggara. Dalam kompetisi di mana BINUS University menjadi tuan rumah ini, kedua mahaiswa dari prodi Sarjana Terapa Bahasa Inggris ini dibimbing oleh tiga orang dosen dari prodi yang sama: Alfelia Nugky Permatasari, S.S., M.A., Nabilla Kusuma Vardhani, S.I.P., M.A., dan Nur Endah Nugraheni, S.S., M.A. Selain membimbing, ketiga dosen tersebut juga berpartisipasi dalam rangkaian the 3rd SEASAC 2022 baik menjadi acting buyer maupun juri bersama puluhan perwakilan dari universitas dan industri dari ASEAN dan Eropa.
The 3rd SEASAC 2022 dilaksanakan dalam beberapa tahap. Tahap seleksi awal dan perempat final dilaksanakan pada 13-15 September 2022 secara daring. Selanjutnya, untuk tahap semifinal dan final dilaksanakan secara hybrid pada 12 dan 13 Oktober 2022.
Peserta kompetisi ini ditantang untuk mengasah kemampuan berpikir kritis, presentasi, mendengarkan dan memahami kebutuhan klien, hingga negosiasi mereka melalui peran sebagai sales B2B profesional yang mereka mainkan berdasarkan studi kasus yang nyata dari perusahaan tertentu. Mahasiswa dari berbagai universitas ini memiliki kesempatan untuk mengetes beragam skills ini dengan menghadapi calon pelanggan dari berbagai latar belakang.
Selain kompetisi, terdapat juga Sales Pitch dan Sales Conference pada rangkaian puncak acara the 3rd SEASAC 2022. Sales Pitch bertujuan untuk membekali peserta dengan kemampuan mempresentasikan dirinya kepada industri. Peserta akan mendapatkan tips dan trik serta mentoring dari para ahli dan mempraktekkan sales pitch untuk diri mereka masing-masing. Pada sesi sales conference, sejumlah panelis dari industri dan akademisi mendiskusikan apa yang menjadi kebutuhan sales dari sisi praktisi dan bagaimana pihak akademisi bisa menjembatani kebutuhan tersebut dalam bentuk kurikulum dan pengajaran.
Rangkaian acara the 3rd SEASAC 2022 kemudian ditutup dengan pengumuman pemenang, antara lain:
Natasya Samuela Serefina dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia (Pemenang ke-1);
Daphne Andrea dari Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, Indonesia (Pemenang ke-2);
Vinsen Kevin Mingking dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia (Pemenang ke-3);
Charles Kryxian P. Lara dari University of Nueva Caceres, Filipina (Pemenang ke-4);
Shannon Malena Santoso dari Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, Indonesia(Pemenang ke-5);
Wirmandi Pamungkas dari BINUS University, Jakarta, Indonesia (Pemenang ke-6).
Selamat bagi seluruh pemenang!
Teks 7 Foto: Alfelia Nugky