• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Email UGM
  • Languages
Universitas Gadjah Mada DEPARTEMEN BAHASA, SENI, DAN MANAJEMEN BUDAYA
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sambutan Ketua Departemen
    • Visi dan Misi
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Pengelola
    • Tenaga Pendidik
    • Tenaga Kependidikan
  • Pendidikan
    • Kalender Akademik TA 2024/2025
    • Program Sarjana Terapan
      • Program Studi Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi
      • Program Studi Bisnis Perjalanan Wisata
      • Program Studi Bahasa Inggris
      • Program Studi Bahasa Jepang
  • Kemahasiswaan
    • Pengumuman
    • Pelayanan Mahasiswa
      • Permintaan Surat Akademik
      • Surat Aktif Kuliah
      • Surat Bebas Perpustakaan
      • Prosedur Pendaftaran Yudisium
      • Alur Pendaftaran Wisuda
      • Ketentuan Foto Wisuda
    • Kegiatan Mahasiswa
  • Alumni
    • Sertifikat Akreditasi
    • Tracer Study For User
      • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
      • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
  • Penelitian & Pengabdian
    • Informasi Penelitian
      • Pengumuman Hibah Penelitian Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Penelitian Damas 2022
    • Informasi Pengabdian pada Masyarakat
      • Pengumuman Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
    • Karya Penelitian Dosen
    • Jurnal DBSMB
  • Pendaftaran MaBa
  • Survei Layanan
    • Kuesioner Kepuasan Pemangku Kepentingan
    • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Kerja Sama
    • Kuesioner Kepuasan Kegiatan Pengabdian DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Pengabdian DBSMB
    • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
    • Hasil Analisis Kepuasan Pemangku Kepentingan
  • Beranda
  • Berita Utama
  • Events Talk #6 Bicara tentang Promosi Produk kebudayaan Indonesia di Luar Negeri

Events Talk #6 Bicara tentang Promosi Produk kebudayaan Indonesia di Luar Negeri

  • Berita Utama, Rilis Berita
  • 24 October 2020, 16.47
  • Oleh: Admin DBSMB
  • 0

Yogyakarta, 24 Oktober 2020 – Pemerintah Indonesia aktif dalam mempromosikan budaya Indonesia di Perancis. Demikian disampaikan oleh Eka Moncarré, seorang diaspora Indonesia yang telah tinggal di Perancis selama beberapa tahun. Eka sendiri juga mendirikan House of Indonesia (La Maison de l’Indonésie) sebagai wujud komitmennya. Sebagai perwakilan resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI untuk memasarkan produk-produk Indonesia di luar negeri, Eka tidak mengelak dari adanya peluang dan tantangan yang dihadapi termasuk minimnya pengetahuan warga di Perancis tentang Indonesia. Eka membagikan cerita dan pengalamannya di Webinar Events Talk #6 pada hari Jumat lalu (23/10).

Acara ini diadakan secara terbuka untuk umum pada pukul 15.00-17.00 WIB dengan menggunakan media Zoom dan ditayangkan secara langsung (live streaming) di kanal Youtube Program Bahasa Inggris DBSMB SV UGM. Kegiatan ini merupakan tugas praktek kelas Manajemen MICE dan kelas Promosi Kebudayaan Indonesia Program Studi Bahasa Inggris Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (DBSMB SV UGM). Topik utama webinar ini adalah “Challenges vs Opportunities in Promoting Indonesian’s Cultural Products” yang dibawakan oleh pembicara utama yaitu Eka Moncarré sekaligus memotivasi generasi muda untuk memiliki pengetahuan yang baik tentang produk Indonesia sebelum mempromosikannya. “Branding itu penting, tapi setelah itu apa? Bagaimana cara menjual. Pada masa sekarang sulit untuk mendatangkan orang asing ke Indonesia, ya kita bawa produk Indonesia ke sini”, ujar Eka dalam paparannya.

Setelah presentasi dari pembicara utama, acara dilanjutkan dengan presentasi dari dua kelompok mahasiswa Bahasa Inggris Terapan DBSMB SV UGM angkatan 2020. Kelompok pertama yang beranggotakan Gresica, Farida, Hisana, dan Kafi, mempresentasikan topik peran pemerintah dalam menyokong kesenian kolosal Sugriwad Subali. Kemudian kelompok kedua, Lintang, Lisa, dan Madina membawakan topik “Solo Batik Fashion Online Show 2020”. Dalam presentasi yang mereka bawakan, mereka membahas batik jenis-jenis motif batik yang ada di Indonesia dan menjelaskan acara Solo Batik Fashion Online Show 2020 yang bertemakan “Pesona Batik Nusantara”.

Acara ini juga menggandeng Patadaily.com – portal berita pariwisata Indonesia, dan JagoKota – situs informasi events, sebagai media partners.

Acara ini bertujuan untuk mengajak para mahasiswa atau masyarakat umum dan untuk tetap produktif pada masa pandemi dengan mengikuti webinar yang bermanfaat. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk membagikan informasi tentang peran aktif pemerintah Indonesia dalam mempromosikan budaya Indonesia di luar negeri maupun dalam negeri.

 

Teks dan Foto: Humas DBSMB

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Berita Terakhir

  • Informasi Pelaksanaan Wisuda Program Sarjana dan Sarjana Terapan Periode Mei 2025
  • Perkuat pemahaman budaya kerja, Prodi Bahasa Jepang Kombispro kembali gelar Japanese for Business Communication Series #3
  • Kuliah Umum sebagai Upaya Pengenalan Kultur Komunikasi Lisan di Perusahaan
  • Digitalization and its Impact Toward Business
  • BEASISWA PERTUKARAN MAHASISWA KE SUNCHON NATIONAL UNIVERSITY (SCNU) KOREA SELATAN 2025
Universitas Gadjah Mada

Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya
Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
Sekip Unit 1 Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta, Indonesia. 55281
dbsmb.sv@ugm.ac.id
+62 (0274) 589750
+62 (0274) 589750

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY