• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Email UGM
  • Languages
Universitas Gadjah Mada DEPARTEMEN BAHASA, SENI, DAN MANAJEMEN BUDAYA
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sambutan Ketua Departemen
    • Visi dan Misi
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Pengelola
    • Tenaga Pendidik
    • Tenaga Kependidikan
  • Pendidikan
    • Kalender Akademik TA 2024/2025
    • Program Sarjana Terapan
      • Program Studi Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi
      • Program Studi Bisnis Perjalanan Wisata
      • Program Studi Bahasa Inggris
      • Program Studi Bahasa Jepang
  • Kemahasiswaan
    • Pengumuman
    • Pelayanan Mahasiswa
      • Permintaan Surat Akademik
      • Surat Aktif Kuliah
      • Surat Bebas Perpustakaan
      • Prosedur Pendaftaran Yudisium
      • Alur Pendaftaran Wisuda
      • Ketentuan Foto Wisuda
    • Kegiatan Mahasiswa
  • Alumni
    • Sertifikat Akreditasi
    • Tracer Study For User
      • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
      • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
  • Penelitian & Pengabdian
    • Informasi Penelitian
      • Pengumuman Hibah Penelitian Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Penelitian Damas 2022
    • Informasi Pengabdian pada Masyarakat
      • Pengumuman Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
    • Karya Penelitian Dosen
    • Jurnal DBSMB
  • Pendaftaran MaBa
  • Survei Layanan
    • Kuesioner Kepuasan Pemangku Kepentingan
    • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Kerja Sama
    • Kuesioner Kepuasan Kegiatan Pengabdian DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Pengabdian DBSMB
    • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
    • Hasil Analisis Kepuasan Pemangku Kepentingan
  • Beranda
  • Berita Utama
  • IISMA 2023-Olomouc#14 Ungkapan Bahasa Ceko saat di Restoran

IISMA 2023-Olomouc#14 Ungkapan Bahasa Ceko saat di Restoran

  • Berita Utama, Rilis Berita
  • 28 December 2023, 09.45
  • Oleh: Admin DBSMB
  • 0
Mengunjungi restoran merupakan hal lumrah bagi setiap orang. Saat seseorang lapar, enggan memasak, atau tengah ingin mencicipi menu makanan tertentu, seseorang umumnya akan pergi ke restoran. Selain dapat mengobati rasa lapar, mengunjungi restoran juga dapat menjadi healing therapy bersama keluarga atau orang terkasih untuk sejenak menepi dari padatnya aktivitas sehari-hari.

Di Kota Olomouc, Republik Ceko, terdapat berbagai restoran yang menawarkan berbagai menu spesial. Moravska Restaurace, misalnya, restoran legendaris ini menawarkan menu-menu khas Moravia yang dihidangkan sesuai dengan momen-momen tertentu. Saat akhir November lalu, restoran ini menghidangkan menu daging angsa sebagai menu peringatan hari St. Martin. Selain Moravska Restaurace, masih banyak restoran lain, seperti Nepali Restaurace, Vietnamese Restaurace, serta berbagai kafe yang juga menawarkan menu makanan berat.

Saat di restoran, hal yang tak bisa dihindari adalah berinteraksi dengan pelayan. Dengan mayoritas masyarakat berbahasa Ceko, akan sangat membantu bila pengunjung yang datang juga dapat berbicara dalam bahasa Ceko. Meski dengan ungkapan-ungkapan sederhana, penggunaan bahasa Ceko dapat membantu komunikasi antara pengunjung dengan pelayanan restoran. Kemampuan ini dapat menjadi alternatif dari penggunaan bahasa Inggris yang belum tentu dimengerti semua orang.

Potret Moravska Restaurace  (by Pavel Rokos)
Potret Moravska Restaurace (by Pavel Rokos)

Bagi pembelajar bahasa Ceko level pemula atau pendatang, beberapa ungkapan berikut ini penting untuk dipelajari guna membantu berkomunikasi saat berada di restoran.

Pertama, penting untuk mengucapkan salam serta membalasnya. Pengunjung dapat mengatakan Dobry den!, baik sebagai kata salam maupun merespon salam.

Kemudian, umumnya pelayan akan menawarkan menu yang dihidangkan restoran. Kemudian, pelayan akan menanyakan menu minuman terlebih dahulu. Secara garis besar, pertanyaan mereka akan berbunyi, “Co si datek piti?” Arti dari ungkapan ini adalah, “Anda ingin memesan minuman apa?” Pengunjung dapat mengatakan kata “Dam si…” yang diikuti minuman yang dikehendaki. Misalnya coca-cola, maka ia bisa mengatakan, “Dam si coca-cola.”

Selanjutnya, giliran menu makanan yang akan ditanyakan. Pelayan akan bertanya demikian, “Co si datek jidlu?” yang berarti, “Anda ingin memesan makanan apa?” Tentu, sebelum menjawab pertanyaan ini, ada baiknya bila pengunjung membaca daftar menu terlebih dahulu. Setelah memilih, ia dapat mengatakan pilihannya kepada pelayan. Cara termudah tentu dengan menunjuk menu dan memperlihatkannya kepada pelayan. Namun, pengunjung dapat mengatakan, “Dam si goulash” apabila ia hendak memesan menu gulas.

Hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah melakukan pembayaran terhadap menu yang disantap. Pengunjung dapat membayar secara cash maupun dengan kartu. Apabila ia ingin membayar secara cash, ia dapat mengatakan, “Budu platit dohromady.” Sementara, apabila ingin membayar denda kartu, ia dapat berkata, “Budu platit kartou.”

Apabila makanan telah tandas dan hendak meninggalkan restoran, ada baiknya bila pengunjung tak lupa memberi salam kepada pelayan. Pengunjung dapat mengatakan, “Na shledanou!” yang artinya ‘Selamat tinggal’. Selain meninggalkan salam, beberapa pengunjung juga tak segan untuk meninggalkan uang tip untuk pelayan sebagai bentuk apresiasi atas pelayanan yang telah diberikan.

Teks & Foto: M. Khoirul Imamil M
(mahasiswa Prodi D4 Bahasa Inggris, sedang studi IISMA 2023 di Palacky University Olomouc, Czech Republic)
Editor: Dewi Cahya Ambarwati

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Berita Terakhir

  • Perkuat pemahaman budaya kerja, Prodi Bahasa Jepang Kombispro kembali gelar Japanese for Business Communication Series #3
  • Kuliah Umum sebagai Upaya Pengenalan Kultur Komunikasi Lisan di Perusahaan
  • Digitalization and its Impact Toward Business
  • BEASISWA PERTUKARAN MAHASISWA KE SUNCHON NATIONAL UNIVERSITY (SCNU) KOREA SELATAN 2025
  • Wisuda Program Sarjana dan Sarjana Terapan Periode III 2025
Universitas Gadjah Mada

Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya
Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
Sekip Unit 1 Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta, Indonesia. 55281
dbsmb.sv@ugm.ac.id
+62 (0274) 589750
+62 (0274) 589750

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY