• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Email UGM
  • Languages
Universitas Gadjah Mada DEPARTEMEN BAHASA, SENI, DAN MANAJEMEN BUDAYA
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sambutan Ketua Departemen
    • Visi dan Misi
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Pengelola
    • Tenaga Pendidik
    • Tenaga Kependidikan
  • Pendidikan
    • Kalender Akademik TA 2024/2025
    • Program Sarjana Terapan
      • Program Studi Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi
      • Program Studi Bisnis Perjalanan Wisata
      • Program Studi Bahasa Inggris
      • Program Studi Bahasa Jepang
  • Kemahasiswaan
    • Pengumuman
    • Pelayanan Mahasiswa
      • Permintaan Surat Akademik
      • Surat Aktif Kuliah
      • Surat Bebas Perpustakaan
      • Prosedur Pendaftaran Yudisium
      • Alur Pendaftaran Wisuda
      • Ketentuan Foto Wisuda
    • Kegiatan Mahasiswa
  • Alumni
    • Sertifikat Akreditasi
    • Tracer Study For User
      • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
      • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
  • Penelitian & Pengabdian
    • Informasi Penelitian
      • Pengumuman Hibah Penelitian Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Penelitian Damas 2022
    • Informasi Pengabdian pada Masyarakat
      • Pengumuman Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
    • Karya Penelitian Dosen
    • Jurnal DBSMB
  • Pendaftaran MaBa
  • Survei Layanan
    • Kuesioner Kepuasan Pemangku Kepentingan
    • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Kerja Sama
    • Kuesioner Kepuasan Kegiatan Pengabdian DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Pengabdian DBSMB
    • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
    • Hasil Analisis Kepuasan Pemangku Kepentingan
  • Beranda
  • Berita Utama
  • Implementasi Tadoku Teks Berbahasa Jepang pada Perkuliahan Prodi Bahasa Jepang Kombispro Sekolah Vokasi UGM Tingkatkan Minat Baca Mahasiswa

Implementasi Tadoku Teks Berbahasa Jepang pada Perkuliahan Prodi Bahasa Jepang Kombispro Sekolah Vokasi UGM Tingkatkan Minat Baca Mahasiswa

  • Berita Utama, Rilis Berita, Uncategorized
  • 4 October 2024, 16.35
  • Oleh: Admin DBSMB
  • 0

Yogyakarta (4/10) – Dalam langkah signifikan untuk meningkatkan minat baca teks berbahasa Jepang mahasiswa, tim peneliti dari Program Studi Bahasa Jepang untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional (Kombispro) di Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada (UGM) telah mengimplementasikan metode tadoku (extensive reading) dalam pembelajaran pada semester gasal 2023/2024 (Agustus – Desember 2024). Sebelumnya, pada 28 Mei 2024 telah dilakukan sesi familiarisasi bersama tim peneliti dari Jepang yang terdiri dari Sasaki Ryozo (Shizuoka University) dan Onuma Genya (Takushoku University). Pengenalan tadoku sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama yang berfokus pada akses yang setara terhadap pendidikan berkualitas dan membangun kemitraan global.

Metode tadoku, yang menekankan membaca untuk kesenangan dan pemahaman, telah diintegrasikan ke dalam mata kuliah “Kemahiran Berbahasa I”. Mata kuliah ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang mahasiswa. Dengan mengadopsi tadoku, program ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan efektif yang mendorong mahasiswa untuk membaca lebih banyak dalam bahasa Jepang.

Aktivitas tadoku dilaksanakan sekali seminggu, memungkinkan mahasiswa untuk terlibat dalam bahasa Jepang melalui pengalaman membaca yang menyenangkan. Materi bacaan terdiri dari dua seri, yaitu Kaeru Books dan Taishukan Japanese Readers. Setiap seri disusun dalam enam level, mulai dari teks sederhana untuk pemula hingga teks bahasa Jepang otentik, yang memenuhi berbagai tingkat kemahiran. Tersedia lebih dari 150 judul buku yang dapat dibaca oleh mahasiswa secara bergantian setiap minggunya.

Inisiatif ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bahasa tetapi juga untuk menumbuhkan kecintaan membaca di kalangan mahasiswa. Dengan menyediakan akses yang setara ke berbagai materi bacaan, program ini memastikan bahwa semua mahasiswa, terlepas dari kemahiran awal mereka, dapat memanfaatkan pendekatan tadoku. Ini sejalan dengan tujuan SDG untuk memastikan pendidikan berkualitas yang inklusif dan merata.

Respon dari mahasiswa sangat positif. Banyak yang melaporkan peningkatan minat membaca dan apresiasi yang lebih besar terhadap bahasa Jepang. Peserta menyatakan antusiasme mereka terhadap pendekatan tadoku, dengan banyak yang mencatat bahwa metode ini membuat membaca dalam bahasa Jepang terasa kurang menakutkan. Beragam materi yang tersedia memungkinkan mereka memilih teks yang sesuai dengan minat mereka, menjadikan proses belajar lebih menyenangkan. Umpan balik positif ini menyoroti potensi tadoku untuk mengubah cara mahasiswa berinteraksi dengan bahasa Jepang.  Perubahan sikap ini sangat penting untuk keberhasilan akademis mereka dan karier masa depan di dunia yang semakin global di mana keterampilan bahasa semakin berharga.

Lebih jauh lagi, implementasi tadoku diharapkan memberikan manfaat jangka panjang bagi mahasiswa. Dengan membudayakan kebiasaan membaca, mahasiswa kemungkinan akan mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang lebih baik dan pemahaman yang lebih dalam tentang budaya dan masyarakat Jepang. Pendekatan holistik terhadap pembelajaran bahasa ini sangat penting dalam mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan dunia kerja modern.

Seiring program ini terus berkembang, program studi berkomitmen untuk menilai dampak metode tadoku terhadap kemahiran bahasa dan kinerja akademis mahasiswa secara keseluruhan. Sesi umpan balik dan evaluasi rutin akan dilakukan untuk memastikan bahwa program ini memenuhi tujuannya dan terus menyediakan akses yang setara terhadap pendidikan berkualitas.

Sebagai kesimpulan, implementasi tadoku dalam Program Studi Bahasa Jepang Kombispro di Sekolah Vokasi UGM adalah langkah menjanjikan untuk meningkatkan minat baca dan keterampilan bahasa mahasiswa. Dengan menumbuhkan kecintaan membaca dan memastikan akses yang setara terhadap sumber daya pendidikan berkualitas, inisiatif ini tidak hanya menguntungkan mahasiswa tetapi juga berkontribusi pada tujuan pembangunan berkelanjutan dan kemitraan global dalam pendidikan.

 

Tim peneliti: Lufi Wahidati, Sa’idatun Nishfullayli

Teks dan foto: Lufi Wahidati

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Berita Terakhir

  • Informasi Pelaksanaan Wisuda Program Sarjana dan Sarjana Terapan Periode Mei 2025
  • Perkuat pemahaman budaya kerja, Prodi Bahasa Jepang Kombispro kembali gelar Japanese for Business Communication Series #3
  • Kuliah Umum sebagai Upaya Pengenalan Kultur Komunikasi Lisan di Perusahaan
  • Digitalization and its Impact Toward Business
  • BEASISWA PERTUKARAN MAHASISWA KE SUNCHON NATIONAL UNIVERSITY (SCNU) KOREA SELATAN 2025
Universitas Gadjah Mada

Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya
Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
Sekip Unit 1 Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta, Indonesia. 55281
dbsmb.sv@ugm.ac.id
+62 (0274) 589750
+62 (0274) 589750

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY