Pada hari Selasa (16/04) Prodi D3 Bahasa Inggris, Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada kembali meyelenggarakan kuliah umum Manajemen Perhotelan yang bertajuk “The Roles of Public Relation and Marketing Communication”. Perkuliahan umum ini berbeda dengan perkuliahan biasanya karena mengusung konsep ‘Hotel Visit’ yang bertempat di Mataram City Co-working space (MACI_Co) milik The Alana Hotel and Convention Centre Yogyakarta dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa D3 Bahasa Inggris angkatan 2017. Kegiatan yang bertujuan untuk menghadirkan perspektif dan pengalaman praktisi professional dari dunia Public Relation (PR) dan Marketing Communication (MarComm) ini menghadirkan Wiwied A. Widyastuti sebagai pembicara. Beliau adalah seorang wanita karir dan praktisi yang sangat berpengalaman di bidang public relation sejak tahun 1998an, khususnya dalam dunia perhotelan. Saat ini beliau menjabat sebagai Marketing and Communications Manager The Alana Hotel and Convention Centre, Yogyakarta.
Kegiatan ini berlangsung pukul 16:30 WIB diawali sambutan dari Yohana Ika Harnita Sari, S.Pd., M.Hum. selaku dosen pengampu mata kuliah dan penanggung jawab kegiatan ini. “Kita mencoba membuat tema perkuliahan umum menjadi sangat spesial dengan menyelenggarakannya di The Alana Hotel dan mendengarkan penjelasan tentang public relations, dengan harapan kita bisa belajar banyak di bidang tersebut.” ungkap Yohana mengakhiri sambutannya. Agenda selanjutnya yaitu pemberian materi oleh Wiwied A. Widyastuti meliputi peran public relations secara umum di dunia pekerjaan dan secara khusus di The Alana Hotel.
Pada dasarnya, tujuan dari Public Relation adalah membangun jaringan relasi dengan cara berkomunikasi yang baik. Menjadi seorang PR profesional, khususnya di The Alana Hotel, dibutuhkan jaringan koneksi atau link yang sangat luas karena peran seorang PR adalah membina hubungan baik 40% untuk internal perusahaan dan 60% untuk eksternal perusahaan. Peran utama seorang PR adalah menjadi sebuah cerminan suatu perusahaan. Tidak hanya itu, seorang PR harus ‘luwes’, dapat beradaptasi dengan lingkungan masyarakat, serta diwajibkan untuk selalu memiliki ide-ide kreatif untuk membangun brand awareness perusahaan. “Citra seorang Humas atau public relation adalah citra sebuah perusahaan.” papar Wiwied.
Sesi pemberian materi berakhir pukul 18:00 WIB ditutup dengan pemberian cinderamata dan foto bersama. Kemudian para mahasiswa diberi waktu untuk coffee break selama 30 menit dan dilanjutkan kegiatan hotel tour yang didampingi oleh dua Guest Relation Officer (GRO) The Alana Hotel and Convention Centre Yogyakarta dan berakhir pukul 19:00 WIB.
Penulis: Trishna Dewi Wulandari / Yohana Ika Harnita Sari