• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Email UGM
  • Languages
Universitas Gadjah Mada DEPARTEMEN BAHASA, SENI, DAN MANAJEMEN BUDAYA
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sambutan Ketua Departemen
    • Visi dan Misi
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Pengelola
    • Tenaga Pendidik
    • Tenaga Kependidikan
  • Pendidikan
    • Kalender Akademik TA 2024/2025
    • Program Sarjana Terapan
      • Program Studi Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi
      • Program Studi Bisnis Perjalanan Wisata
      • Program Studi Bahasa Inggris
      • Program Studi Bahasa Jepang
  • Kemahasiswaan
    • Pengumuman
    • Pelayanan Mahasiswa
      • Permintaan Surat Akademik
      • Surat Aktif Kuliah
      • Surat Bebas Perpustakaan
      • Prosedur Pendaftaran Yudisium
      • Alur Pendaftaran Wisuda
      • Ketentuan Foto Wisuda
    • Kegiatan Mahasiswa
  • Alumni
    • Sertifikat Akreditasi
    • Tracer Study For User
      • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
      • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
  • Penelitian & Pengabdian
    • Informasi Penelitian
      • Pengumuman Hibah Penelitian Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Penelitian Damas 2022
    • Informasi Pengabdian pada Masyarakat
      • Pengumuman Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
    • Karya Penelitian Dosen
    • Jurnal DBSMB
  • Pendaftaran MaBa
  • Survei Layanan
    • Kuesioner Kepuasan Pemangku Kepentingan
    • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Kerja Sama
    • Kuesioner Kepuasan Kegiatan Pengabdian DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Pengabdian DBSMB
    • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
    • Hasil Analisis Kepuasan Pemangku Kepentingan
  • Beranda
  • Berita Utama
  • Kuliah Umum Prodi D3 Bahasa Inggris SV UGM: Membina Hubungan Baik dalam Profesi Public Relations

Kuliah Umum Prodi D3 Bahasa Inggris SV UGM: Membina Hubungan Baik dalam Profesi Public Relations

  • Berita Utama, Rilis Berita
  • 29 April 2019, 15.43
  • Oleh: Admin DBSMB
  • 0

Pada hari Selasa (16/04) Prodi D3 Bahasa Inggris, Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada kembali meyelenggarakan kuliah umum Manajemen Perhotelan yang bertajuk “The Roles of Public Relation and Marketing Communication”. Perkuliahan umum ini berbeda dengan perkuliahan biasanya karena mengusung konsep ‘Hotel Visit’ yang bertempat di Mataram City Co-working space (MACI_Co) milik The Alana Hotel and Convention Centre Yogyakarta dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa D3 Bahasa Inggris angkatan 2017. Kegiatan yang bertujuan untuk menghadirkan perspektif dan pengalaman praktisi professional dari dunia Public Relation (PR) dan Marketing Communication (MarComm) ini menghadirkan Wiwied A. Widyastuti sebagai pembicara. Beliau adalah seorang wanita karir dan praktisi yang sangat berpengalaman di bidang public relation sejak tahun 1998an, khususnya dalam dunia perhotelan. Saat ini beliau menjabat sebagai Marketing and Communications Manager The Alana Hotel and Convention Centre, Yogyakarta.

Kegiatan ini berlangsung pukul 16:30 WIB diawali sambutan dari Yohana Ika Harnita Sari, S.Pd., M.Hum. selaku dosen pengampu mata kuliah dan penanggung jawab kegiatan ini. “Kita mencoba membuat tema perkuliahan umum menjadi sangat spesial dengan menyelenggarakannya di The Alana Hotel dan mendengarkan penjelasan tentang public relations, dengan harapan kita bisa belajar banyak di bidang tersebut.” ungkap Yohana mengakhiri sambutannya. Agenda selanjutnya yaitu pemberian materi oleh Wiwied A. Widyastuti meliputi peran public relations secara umum di dunia pekerjaan dan secara khusus di The Alana Hotel.

Pada dasarnya, tujuan dari Public Relation adalah membangun jaringan relasi dengan cara berkomunikasi yang baik. Menjadi seorang PR profesional, khususnya di The Alana Hotel, dibutuhkan jaringan koneksi atau link yang sangat luas karena peran seorang PR adalah membina hubungan baik 40% untuk internal perusahaan dan 60% untuk eksternal perusahaan. Peran utama seorang PR adalah menjadi sebuah cerminan suatu perusahaan. Tidak hanya itu, seorang PR harus ‘luwes’, dapat beradaptasi dengan lingkungan masyarakat, serta diwajibkan untuk selalu memiliki ide-ide kreatif untuk membangun brand awareness perusahaan. “Citra seorang Humas atau public relation adalah citra sebuah perusahaan.” papar Wiwied.

Sesi pemberian materi berakhir pukul 18:00 WIB ditutup dengan pemberian cinderamata dan foto bersama. Kemudian para mahasiswa diberi waktu untuk coffee break selama 30 menit dan dilanjutkan kegiatan hotel tour yang didampingi oleh dua Guest Relation Officer (GRO) The Alana Hotel and Convention Centre Yogyakarta dan berakhir pukul 19:00 WIB.

Penulis: Trishna Dewi Wulandari / Yohana Ika Harnita Sari

Berita Terakhir

  • Informasi Pelaksanaan Wisuda Program Sarjana dan Sarjana Terapan Periode Mei 2025
  • Perkuat pemahaman budaya kerja, Prodi Bahasa Jepang Kombispro kembali gelar Japanese for Business Communication Series #3
  • Kuliah Umum sebagai Upaya Pengenalan Kultur Komunikasi Lisan di Perusahaan
  • Digitalization and its Impact Toward Business
  • BEASISWA PERTUKARAN MAHASISWA KE SUNCHON NATIONAL UNIVERSITY (SCNU) KOREA SELATAN 2025
Universitas Gadjah Mada

Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya
Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
Sekip Unit 1 Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta, Indonesia. 55281
dbsmb.sv@ugm.ac.id
+62 (0274) 589750
+62 (0274) 589750

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY