The Prime (Public Relations in Competition) merupakan salah satu mata lomba kehumasan dalam rangkaian Comminfest (Communication Interest Festival) yang diselenggarakan setiap tahun oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Lomba itu diselenggarakan dalam rangka mengasah kemampuan mahasiswa yang memiliki ketertarikan di bidang ilmu komunikasi. Pada tahun ini tema yang diangkat adalah “Peran PR 4.0 dalam mengantisipasi kekerasan seksual melalui kampanye kesehatan mental”. Kompetisi The Prime di Universitas Atma Jaya Yogyakarta ini diawali dengan proses penyerahan campaign proposal pada babak penyisihan pada awal bulan April dan memilih 10 tim terbaik dari total 30 tim yang mengirimkannya. Tim “Be One 4 Change” yang beranggotakan 3 mahasiswi program studi Sarjana Terapan Bahasa Inggris Sekolah Vokasi UGM angkatan 2020, yakni Nadiva Rizkita Agustina, Sonia Valda Hersalenka, dan Zakia Liyundzira berhasil masuk ke dalam 10 besar campaign proposal terbaik dan berhak mengikuti semifinal. Selanjutnya, tahapan lomba dilanjutkan dengan proses pembuatan video kampanye yang kemudian diunggah ke akun instagram tim masing-masing sebagai implementasi dari campaign proposal yang sudah dibuat sebelumnya. Hasil seleksi video kampanye diumumkan pada pertengahan April dan tim “Be One 4 Change” berhasil masuk lima besar dan maju ke tahap final. Proses selanjutnya adalah babak pitching yang di dalamnya setiap tim harus menganalisis sebuah studi kasus yang diberikan pada hari-H dan mempresentasikannya di depan dewan juri. Hasilnya diumumkan pada 1 Mei 2021 dan tim “Be One 4 Change” berhasil menjadi juara 3. Zakia, wakil tim Tim “Be One 4 Change” menyampaikan bahwa motivasi untuk mengikuti ajang kompetisi the Prime ini adalah untuk mengasah keterampilan dalam bidang kehumasan digital, khususnya dalam menyusun digital PR campaign untuk mengantisipasi kekerasan seksual dan mengkampanyekan pentingnya kesehatan mental bagi para korban.
Text & Foto : Nadiva Rizkita Agustina
Sonia Valda Hersalenka
Zakia Liyundzira
Humas DBSMB