• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Email UGM
  • Languages
Universitas Gadjah Mada DEPARTEMEN BAHASA, SENI, DAN MANAJEMEN BUDAYA
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sambutan Ketua Departemen
    • Visi dan Misi
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Pengelola
    • Tenaga Pendidik
    • Tenaga Kependidikan
  • Pendidikan
    • Kalender Akademik TA 2024/2025
    • Program Sarjana Terapan
      • Program Studi Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi
      • Program Studi Bisnis Perjalanan Wisata
      • Program Studi Bahasa Inggris
      • Program Studi Bahasa Jepang
    • Program Magister Terapan
      • Pengembangan Atraksi Wisata
  • Kemahasiswaan
    • Pengumuman
    • Pelayanan Mahasiswa
      • Permintaan Surat Akademik
      • Surat Aktif Kuliah
      • Surat Bebas Perpustakaan
      • Prosedur Pendaftaran Yudisium
      • Alur Pendaftaran Wisuda
      • Ketentuan Foto Wisuda
    • Kegiatan Mahasiswa
  • Alumni
    • Sertifikat Akreditasi
    • Tracer Study For User
      • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
      • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
  • Penelitian & Pengabdian
    • Informasi Penelitian
      • Pengumuman Hibah Penelitian Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Penelitian Damas 2022
    • Informasi Pengabdian pada Masyarakat
      • Pengumuman Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
    • Karya Penelitian Dosen
    • Jurnal DBSMB
  • Pendaftaran MaBa
  • Survei Layanan
    • Kuesioner Kepuasan Pemangku Kepentingan
    • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Kerja Sama
    • Kuesioner Kepuasan Kegiatan Pengabdian DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Pengabdian DBSMB
    • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
    • Hasil Analisis Kepuasan Pemangku Kepentingan
  • Beranda
  • Berita Utama
  • Prodi Bahasa Inggris DBSMB ‘Gandeng’ Eboni Watch Adakan Marketing Communication Workshop

Prodi Bahasa Inggris DBSMB ‘Gandeng’ Eboni Watch Adakan Marketing Communication Workshop

  • Berita Utama, Rilis Berita
  • 20 March 2018, 09.58
  • Oleh:
  • 0

“Kalau dibilang susah, ya harus berjuang, itulah bisnis. Kalau nonton omset, liatnya yang dulu, jangan yang sekarang. Untuk memulai yang terpenting idenya harus orisinil dan bagus, nanti investor dan pembeli akan datang dengan sendirinya,” tutur Afidha Fajar Adhitya, alumni Prodi Bahasa Inggris Departemen Bahasa, Seni dan Manajemen Budaya SV UGM angkatan 2008 sekaligus owner dari Eboni Watch dalam workshop “Marketing Communication” yang diselenggarakan Program Studi Bahasa Inggris Sekolah Vokasi UGM, Jumat 16 Maret 2018.

Sekitar 100 mahasiswa Prodi Bahasa Inggris tahun angkatan 2016 berkumpul di ruang SV 225 untuk mengikuti workshop yang mengangkat tema komunikasi marketing dengan menghadirkan pembicara seorang wirusahawan muda, Afidha Fajar Adhitya. Acara dibuka dengan sambutan dari Mrs. Nur Endah Nugraheni, S.S., M.A. dan Reskha Perdana selaku MC didampingi oleh Arfan Nur Karim sebagai Moderator.

Dalam workshop ini, Afidha selaku pemilik dari salah satu brand industri kreatif Eboni Watch; jam tangan berbahan kayu menjelaskan tantangan yang dihadapi oleh produsen lokal yang ranah penjualannya mulai memasuki pasar internasional. Pentingnya membangun komunikasi yang baik antara produsen dengan konsumen adalah kunci demi kelancaran serta langgengnya sebuah usaha kreatif. Pemanfaatan sosial media sebagai media promosi di era digital seperti sekarang juga sangat berpengaruh terhadap sebuah usaha agar mencapai pasar yang lebih luas.

Tantangan terbesar dalam memulai usaha adalah memunculkan ide kreatif yang masih original. Hal ini, menurut penuturan Afidha sudah banyak ditunjukkan oleh teman-temannya sewaktu duduk di bangku kuliah. Namun, mengeksekusi sebuah konsep tersebut merupakan tantangan lain yang tak jarang membuat calon-calon wirausahawan muda mundur di tengah jalan.

Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris yang mengikuti workshop Marketing Communication hari ini mengajukan beragam pertanyaan terkait pentingnya membangun komunikasi yang efektif guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan antara produsen dengan konsumen. Salah satu tantangan yang dihadapi mahasiswa yang berniat membuka usaha adalah izin orangtua. Afidha yang pernah ada di posisi tersebut pun mengatakan bahwa hal tersebut harusnya dijadikan motivasi untuk sukses. Bukannya menjadi alasan untuk berhenti.

Workshop yang berlangsung selama dua jam ini memberi contoh nyata dari materi-materi yang sudah didapatkan oleh mahasiswa Prodi Bahasa Inggris di kelas Manajemen Komunikasi. Diharapkan mahasiswa bisa mendapat pengetahuan baru yang nantinya bisa diterapkan secara langsung.

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Berita Terakhir

  • Wisuda Program Sarjana dan Sarjana Terapan Periode IV 2025
  • Periode Pengisian Pra KRS Gasal TA 2025/2026
  • GASITA SV UGM TAMPIL MEMBANGGAKAN SEBAGAI PERWAKILAN INDONESIA DALAM ENSEMBLE OF GAMELAN 2025 DI MALAYSIA
  • Informasi Pelaksanaan Wisuda Program Sarjana dan Sarjana Terapan Periode Mei 2025
  • Perkuat pemahaman budaya kerja, Prodi Bahasa Jepang Kombispro kembali gelar Japanese for Business Communication Series #3
Universitas Gadjah Mada

Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya
Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
Sekip Unit 1 Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta, Indonesia. 55281
dbsmb.sv@ugm.ac.id
+62 (0274) 589750
+62 (0274) 589750

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY