• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Email UGM
  • Languages
Universitas Gadjah Mada DEPARTEMEN BAHASA, SENI, DAN MANAJEMEN BUDAYA
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sambutan Ketua Departemen
    • Visi dan Misi
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Pengelola
    • Tenaga Pendidik
    • Tenaga Kependidikan
  • Pendidikan
    • Kalender Akademik TA 2024/2025
    • Program Sarjana Terapan
      • Program Studi Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi
      • Program Studi Bisnis Perjalanan Wisata
      • Program Studi Bahasa Inggris
      • Program Studi Bahasa Jepang
  • Kemahasiswaan
    • Pengumuman
    • Pelayanan Mahasiswa
      • Permintaan Surat Akademik
      • Surat Aktif Kuliah
      • Surat Bebas Perpustakaan
      • Prosedur Pendaftaran Yudisium
      • Alur Pendaftaran Wisuda
      • Ketentuan Foto Wisuda
    • Kegiatan Mahasiswa
  • Alumni
    • Sertifikat Akreditasi
    • Tracer Study For User
      • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
      • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
  • Penelitian & Pengabdian
    • Informasi Penelitian
      • Pengumuman Hibah Penelitian Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Penelitian Damas 2022
    • Informasi Pengabdian pada Masyarakat
      • Pengumuman Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
    • Karya Penelitian Dosen
    • Jurnal DBSMB
  • Pendaftaran MaBa
  • Survei Layanan
    • Kuesioner Kepuasan Pemangku Kepentingan
    • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Kerja Sama
    • Kuesioner Kepuasan Kegiatan Pengabdian DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Pengabdian DBSMB
    • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
    • Hasil Analisis Kepuasan Pemangku Kepentingan
  • Beranda
  • Berita Utama
  • Pemahaman Mahasiswa Terhadap Latar Belakang Budaya dan Pola Komunikasi dalam Bahasa Jepang dan Bahasa Korea

Pemahaman Mahasiswa Terhadap Latar Belakang Budaya dan Pola Komunikasi dalam Bahasa Jepang dan Bahasa Korea

  • Berita Utama, Rilis Berita, SDGs
  • 14 October 2024, 09.18
  • Oleh: Admin DBSMB
  • 0

 

Di era di mana globalisasi menjadi hal yang utama, pentingnya pendidikan bahasa asing tidak dapat dipandang sebelah mata. Kerangka Keterampilan Abad ke-21 menekankan pentingnya penguasaan bahasa asing dan komunikasi antar budaya sebagai subjek inti dan keterampilan penting yang diperlukan untuk mendukung kehidupan dan karier individu di masa depan. Seiring dengan meningkatnya permintaan akan profesional terampil di pasar kerja global, kebutuhan akan komunikasi yang efektif dan pemahaman budaya menjadi sangat penting. Pembelajaran bahasa asing di institusi pendidikan tinggi berfokus pada pengembangan sumber daya manusia yang dilengkapi dengan keterampilan komunikasi yang kuat dan pemahaman mendalam tentang komunikasi lintas budaya. Hal ini sejalan dengan tuntutan pasar tenaga kerja, di mana para pemberi kerja semakin mencari individu yang dapat menavigasi konteks budaya yang beragam.

Tim peneliti dari Departemen Bahasa, Seni dan Manajemen Budaya (DBSMB), Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada telah melakukan penelitian dari Mei hingga Oktober 2024 yang berfokus pada pemahaman mahasiswa terhadap latar belakang budaya dan pola komunikasi dalam bahasa Jepang dan bahasa Korea. Penelitian ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya dalam mempromosikan pendidikan berkualitas untuk keberlanjutan. Studi ini berupaya memberikan kontribusi pada diskursus yang lebih luas tentang pendidikan untuk keberlanjutan, khususnya dalam konteks pembelajaran bahasa asing.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemelajar bahasa Jepang dan bahasa Korea mengembangkan kompetensi komunikasi lintas budaya melalui perpaduan antara aspek kognitif, afektif, dan perilaku. Pendekatan multifaset ini dalam pembelajaran bahasa tidak hanya mendorong penguasaan linguistik, tetapi juga penghargaan terhadap konteks budaya di mana bahasa-bahasa ini digunakan. Saat mahasiswa terlibat dengan dimensi budaya bahasa, mereka menjadi lebih mahir dalam menavigasi interaksi antar budaya. Temuan penelitian ini memiliki implikasi signifikan bagi pembelajaran bahasa asing. Dengan menekankan pentingnya pemahaman budaya di samping keterampilan bahasa, pendidik dapat lebih baik mempersiapkan mahasiswa untuk tantangan globalisasi. Ini sejalan dengan komitmen SDGs untuk memastikan pendidikan berkualitas yang inklusif dan setara, serta mempromosikan peluang pembelajaran seumur hidup bagi semua. Dengan fokus pada pemahaman mahasiswa terhadap latar belakang budaya dan pola komunikasi dalam bahasa Jepang dan bahasa Korea, studi ini menekankan pentingnya pendidikan untuk keberlanjutan. Seiring dunia semakin terhubung, pengembangan keterampilan komunikasi lintas budaya akan menjadi esensial bagi generasi mendatang.

 

Penulis: Fatmawati Djafri, Ummul Hasanah, dan Ulin Nuha Syahnarendra

Tags: SDGs 17 Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDGs 4 Pendidikan Berkualitas

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Berita Terakhir

  • Informasi Pelaksanaan Wisuda Program Sarjana dan Sarjana Terapan Periode Mei 2025
  • Perkuat pemahaman budaya kerja, Prodi Bahasa Jepang Kombispro kembali gelar Japanese for Business Communication Series #3
  • Kuliah Umum sebagai Upaya Pengenalan Kultur Komunikasi Lisan di Perusahaan
  • Digitalization and its Impact Toward Business
  • BEASISWA PERTUKARAN MAHASISWA KE SUNCHON NATIONAL UNIVERSITY (SCNU) KOREA SELATAN 2025
Universitas Gadjah Mada

Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya
Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
Sekip Unit 1 Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta, Indonesia. 55281
dbsmb.sv@ugm.ac.id
+62 (0274) 589750
+62 (0274) 589750

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY