• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Email UGM
  • Languages
Universitas Gadjah Mada DEPARTEMEN BAHASA, SENI, DAN MANAJEMEN BUDAYA
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sambutan Ketua Departemen
    • Visi dan Misi
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Pengelola
    • Tenaga Pendidik
    • Tenaga Kependidikan
  • Pendidikan
    • Kalender Akademik TA 2024/2025
    • Program Sarjana Terapan
      • Program Studi Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi
      • Program Studi Bisnis Perjalanan Wisata
      • Program Studi Bahasa Inggris
      • Program Studi Bahasa Jepang
  • Kemahasiswaan
    • Pengumuman
    • Pelayanan Mahasiswa
      • Permintaan Surat Akademik
      • Surat Aktif Kuliah
      • Surat Bebas Perpustakaan
      • Prosedur Pendaftaran Yudisium
      • Alur Pendaftaran Wisuda
      • Ketentuan Foto Wisuda
    • Kegiatan Mahasiswa
  • Alumni
    • Sertifikat Akreditasi
    • Tracer Study For User
      • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
      • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
  • Penelitian & Pengabdian
    • Informasi Penelitian
      • Pengumuman Hibah Penelitian Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Penelitian Damas 2022
    • Informasi Pengabdian pada Masyarakat
      • Pengumuman Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
    • Karya Penelitian Dosen
    • Jurnal DBSMB
  • Pendaftaran MaBa
  • Survei Layanan
    • Kuesioner Kepuasan Pemangku Kepentingan
    • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Kerja Sama
    • Kuesioner Kepuasan Kegiatan Pengabdian DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Pengabdian DBSMB
    • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
    • Hasil Analisis Kepuasan Pemangku Kepentingan
  • Beranda
  • Berita Utama
  • PENGABDIAN MASYARAKAT SEKOLAH VOKASI UGM 2024: EVALUASI KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMK PERGURUAN CIKINI-KIIC KARAWANG, JAWA BARAT

PENGABDIAN MASYARAKAT SEKOLAH VOKASI UGM 2024: EVALUASI KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMK PERGURUAN CIKINI-KIIC KARAWANG, JAWA BARAT

  • Berita Utama, Rilis Berita, SDGs
  • 22 October 2024, 13.23
  • Oleh: Admin DBSMB
  • 0

Pada tanggal 4 September 2024, Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Bahasa Jepang untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional (Kombispro) sebagai bagian dari tim Pengabdian Masyarakat Sekolah Vokasi UGM melaksanakan kegiatan pengabdian di SMK Perguruan Cikini/Percik-KIIC yang terletak di Kawasan Industri KIIC (Karawang International Industrial City), Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian program pengabdian masyarakat Sekolah Vokasi UGM yang telah berjalan sepanjang tahun 2024.

Kegiatan pengabdian masyarakat tahun ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memperbaiki kurikulum pembelajaran bahasa Jepang di tingkat pendidikan menengah, khususnya di SMK Percik-KIIC sebagai SMK industri. Dengan implementasi kurikulum baru tersebut diharapkan SMK Percik-KIIC dapat membekali siswanya dengan keterampilan bahasa Jepang untuk konteks komunikasi dunia kerja sesuai dengan posisi okupansi mereka di industri nantinya. Keterampilan tersebut juga akan menjadi nilai tambah sekaligus menaikkan daya saing lulusan SMK Percik-KIIC di dunia kerja. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan bagi upaya penguatan pendidikan vokasi untuk meningkatkan produktivitas ekonomi melalui penguasaan bahasa asing, yaitu bahasa Jepang. Hal ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang mendorong pendidikan berkualitas dan pekerjaan yang layak untuk semua warga negara.

Sebagai institusi pendidikan kejuruan yang berada di jantung Kawasan Industri KIIC yang memiliki hampir 200 tenant PMA Jepang, SMK Percik-KIIC menjadikan bahasa Jepang sebagai mata pelajaran wajib. Kurikulum yang diterapkan perlu memastikan bahwa lulusan akan memperoleh keterampilan bahasa Jepang yang dibutuhkan oleh lulusan untuk berkarier di berbagai oleh Perusahaan di Kawasan industri tersebut. Sejak awal tahun 2024, kegiatan pengabdian masyarakat ini sudah dimulai dengan beberapa pertemuan antara tim pengabdian dan pihak SMK Percik-KIIC (Kepala Sekolah, pengelola, dan tim pengajar), baik secara daring maupun luring. Pertemuan membahas beberapa hal, utamanya terkait kurikulum bahasa Jepang dan metode pengajaran yang diterapkan saat ini, serta persoalan-persoalan yang dihadapi.

Dari hasil diskusi tersebut disimpulkan perlunya memetakan keterampilan bahasa Jepang yang dibutuhkan oleh dunia industri, mengevaluasi kurikulum yang diterapkan saat ini, serta melakukan beberapa penyesuaian agar kurikulum baru nantinya dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran bahasa Jepang bagi siswa SMK Percik-KIIC. Hasil evaluasi kurikulum mengindikasikan bahwa SMK ini membutuhkan penyesuaian rancangan program pembelajaran dari awal hingga akhir masa studi untuk dapat mendukung tercapainya luaran pembelajaran yang diharapkan. Selain itu, berdasarkan masukan dari perwakilan perusahaan di KIIC, meskipun kemampuan bahasa Jepang belum menjadi syarat wajib bagi lulusan SMK yang hendak bekerja di perusahaan-perusahaan di KIIC, namun akan memberikan nilai tambah bagi para lulusan sehingga kesempatan mereka untuk berkarir di PMA Jepang akan terbuka lebih lebar. Kemampuan bahasa Jepang yang dimaksud, yakni bahasa Jepang untuk komunikasi sederhana di tempat kerja, seperti salam, sapaan, komunikasi sehari-hari di tempat kerja, serta kemampuan memahami instruksi sederhana sekaligus memberikan respons atas instruksi tersebut. Selain bahasa Jepang, pengetahuan tentang budaya kerja di perusahaan Jepang juga sangat diperlukan.

Selanjutnya, sebagai wujud kongkrit kegiatan pengabdian masyarakat ini, tim Pengabdian Masyarakat SV UGM dan tim SMK Perguruan Cikini-KIIC akan bersama-sama menyusun ancangan pembelajaran bahasa Jepang untuk siswa kelas 10, 11, dan 12 SMK Percik-KIIC. Ancangan tersebut meliputi penetapan capaian pembelajaran tiap semester, materi ajar, serta rencana pengajarannya. Selain itu, sebagai bentuk aktivitas pendukung pembelajaran, akan disusun juga program-program untuk meningkatkan minat belajar bahasa Jepang para siswa, misalnya menyelenggarakan kelas ekstrakurikuler untuk belajar budaya kerja Jepang maupun kelas pengenalan JLPT (Japanese Language Proficiency Test).  Kurikulum baru bahasa Jepang serta berbagai aktivitas pendukung tersebut diharapkan dapat diimplementasikan dengan baik oleh SMK Percik-KIIC, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan dihasilkan lulusan-lulusan yang berdaya saing tinggi di dunia kerja.

Tags: SDGs 17 Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDGs 4 Pendidikan Berkualitas

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Berita Terakhir

  • Informasi Pelaksanaan Wisuda Program Sarjana dan Sarjana Terapan Periode Mei 2025
  • Perkuat pemahaman budaya kerja, Prodi Bahasa Jepang Kombispro kembali gelar Japanese for Business Communication Series #3
  • Kuliah Umum sebagai Upaya Pengenalan Kultur Komunikasi Lisan di Perusahaan
  • Digitalization and its Impact Toward Business
  • BEASISWA PERTUKARAN MAHASISWA KE SUNCHON NATIONAL UNIVERSITY (SCNU) KOREA SELATAN 2025
Universitas Gadjah Mada

Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya
Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
Sekip Unit 1 Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta, Indonesia. 55281
dbsmb.sv@ugm.ac.id
+62 (0274) 589750
+62 (0274) 589750

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY