• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Email UGM
  • Languages
Universitas Gadjah Mada DEPARTEMEN BAHASA, SENI, DAN MANAJEMEN BUDAYA
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sambutan Ketua Departemen
    • Visi dan Misi
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Pengelola
    • Tenaga Pendidik
    • Tenaga Kependidikan
  • Pendidikan
    • Kalender Akademik TA 2024/2025
    • Program Sarjana Terapan
      • Program Studi Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi
      • Program Studi Bisnis Perjalanan Wisata
      • Program Studi Bahasa Inggris
      • Program Studi Bahasa Jepang
  • Kemahasiswaan
    • Pengumuman
    • Pelayanan Mahasiswa
      • Permintaan Surat Akademik
      • Surat Aktif Kuliah
      • Surat Bebas Perpustakaan
      • Prosedur Pendaftaran Yudisium
      • Alur Pendaftaran Wisuda
      • Ketentuan Foto Wisuda
    • Kegiatan Mahasiswa
  • Alumni
    • Sertifikat Akreditasi
    • Tracer Study For User
      • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
      • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
  • Penelitian & Pengabdian
    • Informasi Penelitian
      • Pengumuman Hibah Penelitian Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Penelitian Damas 2022
    • Informasi Pengabdian pada Masyarakat
      • Pengumuman Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
      • Pengumuman Penerima Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Damas 2022
    • Karya Penelitian Dosen
    • Jurnal DBSMB
  • Pendaftaran MaBa
  • Survei Layanan
    • Kuesioner Kepuasan Pemangku Kepentingan
    • Kuesioner Pengguna Lulusan DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Kerja Sama
    • Kuesioner Kepuasan Kegiatan Pengabdian DBSMB
    • Kuesioner Kepuasan Mitra Pengabdian DBSMB
    • HASIL DAN ANALISIS TRACER STUDY
    • Hasil Analisis Kepuasan Pemangku Kepentingan
  • Beranda
  • Berita Utama
  • Penguasaan Kompetensi Bahasa Jepang Bisnis sebagai Upaya Meningkatkan Jenjang Karir Japanese Speaker di Perusahaan Jepang

Penguasaan Kompetensi Bahasa Jepang Bisnis sebagai Upaya Meningkatkan Jenjang Karir Japanese Speaker di Perusahaan Jepang

  • Berita Utama, Rilis Berita, SDGs
  • 18 October 2024, 14.00
  • Oleh: Admin DBSMB
  • 0

Pada September 2024, Sekolah Vokasi UGM mengadakan kerjasama penelitian dengan mitra industri di Kawasan Industri KIIC Karawang Jawa Barat. Dengan memanfaatkan responden Japanese speaker (penutur asing bahasa Jepang) yang bekerja di perusahaan-perusahaan di kawasan industri tersebut, penelitian ini  berupaya mencari tahu tentang potensi kebutuhan tenaga penutur Japanese speaker serta kompetensi yang dibutuhkan untuk sukses sebagai staf Japanese speaker.  Kolaborasi antara program Studi Sarjana Terapan Bahasa Jepang dan Komunikasi Bisnis Profesional dengan industri ini diharapkan dapat mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), di bidang pendidikan dan pengembangan.

Penelitian yang dilaksanakan dengan metode focus group discussion (FGD) dan wawancara ini menghasilkan beberapa temuan terkait tujuan penelitian di atas. Hasil diskusi dan wawancara bersama responden Japanese speaker, baik yang menduduki posisi staf maupun manajer HR/GA dan divisi Produksi, diketahui bahwa potensi kebutuhan Japanese speaker masih cukup tinggi mengingat keterbatasan ekspatriat Jepang untuk menggunakan bahasa Inggris dalam komunikasi internal perusahaan. Para ekspatriat umumnya lebih memilih komunikasi dalam bahasa Jepang, baik dalam rapat formal maupun interaksi informal sehari-hari. Para Japanese speaker berperan penting dalam menjembatani komunikasi antara pekerja lokal dan ekspatriat Jepang, termasuk dengan direktur dan penasihat/advisor.

Pada tahap wawancara terkonfirmasi bahwa staf dengan kompetensi bahasa Jepang memiliki peluang lebih besar untuk berkembang dalam jenjang karirnya. Seseorang dengan kompetensi komunikasi bahasa Jepang dipastikan memahami cara berpikir masyarakat Jepang karena budaya dan bahasa adalah dua hal yang terkait erat. Orang Jepang umumnya akan lebih menghargai siapapun yang mampu memahami cara berpikir dan cara kerja Jepang karena hal itu secara tidak langsung dapat meningkatkan efektifitas kerja. Keuntungan ini terutama terlihat ketika kinerja mereka disukai oleh atasan dan ketika mereka memahami cara berkomunikasi dengan tepat sesuai konteks dan status lawan bicara.

Selain kompetensi kebahasaan, kompetensi sosiokultural juga berperan pentingnya dalam kelancaran komunikasi kerja. Sulitnya pemilihan penggunaan ragam bahasa dengan mempertimbangkan derajat hubungan interpersonal, baik berupa hubungan hirarkis atas bawah maupun hubungan antara inner dan outer group, masih menjadi salah satu kendala dalam komunikasi kerja. Selain itu, kompetensi sosiokultural juga terkait dengan etos dan cara kerja Jepang. Latar belakang budaya yang berbeda menyebabkan masih banyaknya staf lokal yang kurang bisa memahami cara berpikir dan cara kerja ala Jepang. Hal inilah yang menjadi kendala utama dalam hubungan kerja maupun komunikasi di perusahaan-perusahaan Jepang pada umumnya.

Temuan ini menekankan pentingnya membekali calon lulusan maupun staf-staf lokaal di perusahaan Jepang dengan kompetensi bahasa Jepang bisnis umum serta kompetensi sosiopragmatik terkait masyarakat Jepang, cara berpikir, serta budaya kerja Jepang. Menyusun materi ajar/pelatihan yang sesuai dengan praktik nyata komunikasi di tempat kerja merupakan salah satu  strategi untuk pengembangan kualitas pembelajaran bahasa Jepang. Penelitian ini menjadi awal dari penelitian berkelanjutan untuk menghasilkan materi ajar/pelatihan yang tepat guna tersebut. Oleh karena itu, penelitian-penelitian terapan tentang penggunaan bahasa Jepang dalam praktik komunikasi di tempat kerja memiliki peluang kebermanfaatkan yang tinggi bagi pengembangan calon lulusan, dan sumber daya manusia Indonesia pada umumnya.

Sesi wawancara dengan Japanese Speaker PT Hiruta Kogyo
Sesi wawancara dengan Japanese Speaker PT Hiruta Kogyo

 

Penulis: Sa’idatun Nishfullayli, Mery Kharismawati

Tags: SDGs 11 Kota Dan Komunitas Yang Berkelanjutan SDGs 17 Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Berita Terakhir

  • Informasi Pelaksanaan Wisuda Program Sarjana dan Sarjana Terapan Periode Mei 2025
  • Perkuat pemahaman budaya kerja, Prodi Bahasa Jepang Kombispro kembali gelar Japanese for Business Communication Series #3
  • Kuliah Umum sebagai Upaya Pengenalan Kultur Komunikasi Lisan di Perusahaan
  • Digitalization and its Impact Toward Business
  • BEASISWA PERTUKARAN MAHASISWA KE SUNCHON NATIONAL UNIVERSITY (SCNU) KOREA SELATAN 2025
Universitas Gadjah Mada

Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya
Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
Sekip Unit 1 Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta, Indonesia. 55281
dbsmb.sv@ugm.ac.id
+62 (0274) 589750
+62 (0274) 589750

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY